Mahfud Md Gelar Pertemuan Tertutup dengan Sejumlah Rektor Jatim, Bahas Apa?

Oleh Zainul Arifin pada 23 Sep 2022, 07:01 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 15:24 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD Dukung Pemberantasan Mafia Hukum
Perbesar
Menko Polhukam Mahfud MD usai menggelar pertemuan tertutup dengan sejumlah rektor di Malang, Jawa Timur pada Kamis, 22 September 2022 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Liputan6.com, Malang - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menggelar pertemuan tertutup dengan sejumlah rektor perguruan tinggi di Jawa Timur. Sayangnya, tak banyak yang disampaikan isi dari pertemuan itu.

Pertemuan antara Mahfud dengan sekitar 30 rektor dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dari Malang dan Surabaya itu digelar di sebuah hotel di Malang, pada Kamis, 22 September 2022. Berlangsung sejak pukul 18.00 sampai sekitar pukul 21.20.

“Soal pertemuan itu ada banyak sekali yang dibicarakan, ada 21 butir. Kamu tak dikte juga tak akan hafal. Saya juga tak hafal,” kata Mahfud singkat usai pertemuan.

Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Maskuri, mengatakan banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Mulai dari RUU Sistem Pendidikan Nasional, RUU KUHP dan lain sebagainya.

“Semua masa depan bangsa dibicarakan, termasuk membicarakan RUU Sisdiknas, RUU KUHP, masalah korupsi, perundungan dan lain sebagainya,” ujar Maskuri.

Ia menambahkan, dalam forum tersebut pemerintah sangat terbuka untuk mendapatkan masukan dari para rektor. Maskuri menyebut pertemuan itu tidak membahas terkait agenda pengesahan RUU KUHP.

“Belum sampai ke sana (pengesahan), karena presiden masih membuka diri untuk RUU KUHP itu mendapat masukan-masukan,” katanya.

Dalam pertemuan dengan Menko Polhukam itu, para Rektor menyampaikan banyak masukan. Maskuri sendiri memberikan masukan pemerintah harus menyusun peta jalan pendidikan agar sistem dan kualitas pendidikan di Indonesia semakin bagus.

“Karena latar belakang utama saya kan pendidikan. Bagaimana pemerintah menyusun road map pendidikan karena apapun itu dari berbagai sisi semua muaranya ke pendidikan,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Agenda Menko Polhukam

Menko Polhukam Mahfud MD
Perbesar
Menko Polhukam Mahfud MD

Menko Polhukam Mahfud MD dijadwalkan menghadiri serangkaian pertemuan di Malang selama dua hari terakhir ini. Ageda pertama adalah forum tertutup bersama para rektor dari perguruan tinggi negeri dan swasta dari Malang dan Surabaya pada Kamis, malam.

Kemudian rencananya akan memberi kuliah tamu di Universitas Islam Malang pada Jumat, 23 September 2022 siang. Selanjutnya, sore sampai petang harinya, akan bertemu dengan perwakilan generasi milenial.

Sebelum di Malang, satu hari sebelumnya atau pada Rabu, 21 September 2022, Mahfud MD juga menggelar serangkaian kegiatan di Surabaya. Kegiatan itu seperti diskusi publik tentang RKUHP sampai bertemu 11 tim rekonsiliasi kasus pelanggaran HAM berat.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya