Sukses

Senangnya, 7 Keluarga di Sidoarjo Terima Rumah Layak Huni dari Khofifah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan tujuh unit rumah tinggal layak huni (rutilahu) untuk tujuh keluarga di Desa Kedung Banteng Sidoarjo.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan tujuh unit rumah tinggal layak huni (rutilahu) untuk tujuh keluarga di Desa Kedung Banteng Sidoarjo.

"Kami memberikan prioritas untuk membangun rumah tidak layak huni menjadi rumah tinggal layak huni,” kata Khofifah, Kamis (22/9/2022).

Dia juga melihat secara langsung bagian dalam rumah tinggal layak huni yang telah dibangun.

“Ini bagian dari upaya bersama Baznas dan Pemprov Jawa Timur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas tempat tinggal," katanya.

Ia memastikan rumah tersebut telah terpenuhi syarat dan kebutuhan dasar rumah yang sehat seperti memiliki ventilasi dan juga sanitasi yang baik,

"Alhamdulillah, nanti bapak dan ibu sudah bisa mulai menempati rumah yang layak huni dan Insya Allah sehat," katanya

Khofifah menegaskan pemenuhan kebutuhan tersebut diupayakan bukan hanya tempat untuk berteduh dari panas dan hujan melainkan memenuhi standar kesehatan dan sanitasi yang baik.

Bersama Pemprov Jatim, Baznas Jatim dan Baznas Sidoarjo memberikan bantuan berupa rumah tinggal layak huni dengan anggaran untuk masing-masing rumah senilai Rp23 juta. Bantuan yang diberikan berupa rumah dengan luas bangunan 4meter X 7meter yang terdiri dari dua kamar, satu kamar mandi, dan ruang cuci.

“Masing-masing penerima manfaat juga masih mendapatkan tambahan bantuan perabotan senilai Rp2,5 juta dari Gubernur Jatim,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Senang

Adapun tujuh warga penerima bantuan tersebut Supriono, Suryat, Arifin, Topiyag, Abd. Kholik, Suparno, dan Sutoyo.

Salah satu penerima kunci rumah, Ani menyatakan rasa senang dan leganya karena kini sudah memiliki tempat tinggal layak huni.

"Saya senang sekali pokoknya atas bantuan dari Ibu Gubernur ini. Sampai tidak bisa berkata-kata," ucapnya.

Wakil Ketua Baznas Jatim Husnul Khuluq optimistis fasilitas rutilahu ini dapat berguna untuk kebangkitan dan kemajuan Jatim. Terutama dengan memfasilitasi kebutuhan pokok masyarakat, salah satunya tempat tinggal.

"Mudah-mudahan ini menjadi geliat ibu gubernur dan kita semua untuk membuat Jawa Timur lebih maju lagi. Bersama kita membangun rumah tinggal layak huni di lingkungan yang baik, higienis, dengan ventilasi yang baik pula," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.