Sukses

Pendaftaran Panwascam Jember Banjir Peminat, 32 Pendaftar di Hari Pertama

Bawaslu Jember membuka pendaftaran calon Panwascam untuk 31 kecamatan mulai 21 hingga 27 September 2022 di Kantor Bawaslu setempat pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

 

 

Liputan6.com, Surabaya - Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Jember banjir peminat. Hari pertama pembukaan, 32 orang, terdiri 27 laki-laki dan 5 orang perempuan mendaftarkan diri. 

"Terbanyak dari Kecamatan Kaliwates dan Tanggul," kata Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jember Andhika A Firmansyah, Rabu (21/9/2022).

Bawaslu Jember membuka pendaftaran calon Panwascam untuk 31 kecamatan mulai 21 hingga 27 September 2022 di Kantor Bawaslu setempat pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

"Kami membutuhkan sebanyak 93 orang Panwascam yang akan bekerja di 31 kecamatan di Jember karena masing-masing kecamatan memiliki tiga anggota," tuturnya, dikutip dari Antara.

Menurutnya, persyaratan penting untuk mendaftar panwaslu di tingkat kecamatan adalah WNI, umur mininal 25 tahun, pendidikan terakhir SMA, tidak anggota partai politik dan bersedia bekerja penuh waktu.

"Untuk kelengkapan berkas yaitu surat lamaran, foto terbaru, fotokopi KTP, fotokopi ijazah yg dilegalisir, surat keterangan sehat dan beberapa lagi dan lebih lengkapnya semua persyaratan dan formulir bisa diunduh di website (laman) resmi Bawaslu Jember," tuturnya.

Andhika menegaskan bahwa calon pendaftar tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersaing Ketat

Selain itu, lanjut dia, tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD dan DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun.

"Nantinya seluruh pendaftar panwaslu tingkat kecamatan akan ada seleksi administrasi, seleksi dengan metode CAT (Computer Assisted Test) dan seleksi wawancara," ujarnya.

Ia mengatakan peminat panwaslu di tingkat kecamatan di Jember selalu banyak, bahkan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mencapai 700 orang, sehingga para pendaftar akan bersaing ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.