Sukses

ITS Surabaya Kembangkan Stasiun Tukar Baterai untuk Kendaraan Listrik

Tiga dari sembilan unit SPBKLU merupakan hasil riset yang didanai oleh program matching fund Kedaireka. Sedangkan enam lainnya dipesan oleh PT Pertamina dan telah disebar di Pulau Bali.

Liputan6.com, Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur menggagas Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Gagasan tersebut bekerjasama dengan PT Wiksa Daya Pratama (WDP).

Ketua tim riset SPBKLU dari ITS Alief Wikarta mengatakan, penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pengguna yang merasa bahwa pengisian daya baterai motor listrik memakan waktu yang cukup lama.

"Sebagai upaya mempersingkat waktu, kami berinovasi membuat satu gerai penukaran baterai sehingga pengguna merasa lebih nyaman dan efisien," ujarnya di Surabaya, dilansir dari Antara, Selasa (20/9/2022).

Dia menjelaskan, tiga dari sembilan unit SPBKLU merupakan hasil riset yang didanai oleh program matching fund Kedaireka. Sedangkan enam lainnya dipesan oleh PT Pertamina dan telah disebar di Pulau Bali sebagai upaya menyukseskan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"SPBKLU ini nantinya juga dapat digunakan oleh para pengemudi transportasi online yang menggunakan sepeda motor lokal GESITS," kata dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut.

Di samping itu, Chief Financial Officer (CFO) PT WDP Mochammad Ilham Firdaus STr.Kom., menjelaskan, SPBKLU ini memiliki jumlah 10 slot baterai dengan model sliding cabinet. Selain itu, produk ini juga telah didukung protokol komunikasi RS485 CAN 2.0 dan jaringan Local Area Network (LAN) atau Wi-Fi.

"Produk ini memiliki multiple protection, seperti lightning protection, over-load protection, over-charge protection, short circuit protection, dan temperature protection," ujarnya.

SPBKLU ini juga sudah dilengkapi dengan battery backup sebesar 12V 7Ah yang dapat memberikan cadangan energi selama tiga hingga empat jam dalam kondisi idle atau standby.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurang dari 5 Menit

Tidak kalah penting lagi, pada tiap unit SPBKLU sudah terpasang kamera keamanan. Interface yang disematkan di SPBKLU ini pun sudah android based sehingga teknis penukaran baterai menjadi lebih mudah.

Pengguna hanya perlu menukar baterai lama dengan baterai baru yang sudah tersedia di dalam laci SPBKLU dalam waktu kurang dari lima menit.

"Dengan bantuan tim riset ITS, kami juga merancang Wiksa Swap Station, sebuah aplikasi bagi pengguna untuk melakukan monitoring dan transaksi berbasis QR Code," ujar Ilham.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memuat fitur-fitur yang unik, di antaranya fitur lokasi SPBKLU terdekat, riwayat transaksi, hingga status baterai dan SPBKLU secara real time.

Aplikasi ini dapat diunduh oleh para pengguna lewat PlayStore maupun AppStore di ponsel cerdas masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.