Sukses

Unibraw Malang Gelar Wisuda, Ada Dokter Muda Lulus di Usia 18 Tahun

Calista Felicia Ghaydaqila dinyatakan sebagai lulusan termuda dari Jurusan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) dengan IPK 3.64.

Liputan6.com, Malang - Universitas Brawijaya Malang menggelar prosesi wisuda periode I tahun akademik 2022/2023 pada Sabtu, 17 September 2022 kemarin. Ada 1.023 mahasiswa yang lulus dan menjalani prosesi tersebut.

Salah satu wisudawan itu adalah Calista Felicia Ghaydaqila. Ia dinyatakan sebagai lulusan termuda dari Jurusan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB). Calista menyandang gelar sarjana kedokteran pada usia 18 tahun dengan IPK 3.64.

Calista masih harus menempuh program profesi dokter dan menjadi dokter muda atau koas lalu menjadi dokter umum. Setelah tahapan itu rampung, ia bercita-cita ingin mengabdi di daerah perbatasan atau daerah tertinggal, terluar, terpencil.

“Karena jumlah tenaga kesehatan di daerah itu masih sedikit dan tidak merata,” kata Calista.

Ia menilai mayoritas dokter sekarang ini berada di Pulau Jawa atau daerah asal tempat tinggal dokter itu sendiri. Padahal warga di wilayah perbatasan juga membutuhkan banyak pengabdian dari para dokter.

“Saya ingin mengabdi dan membantu warga di perbatasan. Saya berharap keinginan ini disetujui orang tua,” katanya. Calista ke depan ingin mengambil spesialis dokter anak.

Meski tercatat sebagai lulusan termuda, ia mengaku bukan tipe mahasiswa yang memaksakan diri untuk terus belajar. Ia memilih belajar di waktu yang menurutnya efektif, seperti pada pagi hari sebelum subuh.

“Kalau sudah lelah ya berhenti. Kalau terlalu dipaksakan malah yang dipelajari hanya lewat,” ucapnya.

Calista memulai jenjang pendidikan di SD saat masih berusia usia 4 tahun. Setelah itu masuk ke program akselerasi di SMPN 3 dan SMAN 2 di Tangerang Selatan. Lalu masuk jurusan kedokteran di Unibraw Malang melalui jalur SNMPTN saat masih berumur usia 14 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisudawan Terbaik

Unibraw Malang menggelar prosesi wisuda periode I tahun akademik 2022/2022 terhadap 1.023 lulusan di Gedung Samantha Krida Unibraw Malang pada Sabtu, 17 September 2022. Ada yang dinyatakan sebagai wisudawan terbaik di tiap program sarajana.

Para wisudawan terbaik itu yakni, Syifa Mariyana Ulfa (FISIP), Yorica Amanda Rizki (FISIP), Sabila Nur Azkiyah (FH), Rinny Apriliany Zakaria (FEB), Lazuardi Hadinata (FIA), Annisa Nindita (FIA), Helena Merdekaria Bhiju Paru (FP), Aurelia Aprilianty (Fapet). Brenda Kristi (FK).

Nia Valen Manggar Rosalina (FPIK), Ihza Aulia Rahman (FT), Ika Shofiatul Mahmudah (FMIPA), Annisa Romadhona Rahmawati (FTP), Kristen Aprilia (FIB). Puspita Nurul Aisyah, (FKH), Claudia Felicia Wihardja (FKG), Abdurrahman Faiz (FILKOM).

Dikianur Alvianto (Program Magister), Dr. Renny Indrawati (Program Doktor), Alma Saquille Rashada, A.Md. (Program Diploma), dan Safinatun Najah, S.Gz. (FIKES).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.