Sukses

Angin Puting Beliung Rusak Belasan Rumah di Tampo Banyuwangi

Selain merusak rumah, sejumlah pohon milik warga setempat juga tumbang.

Liputan6.com, Banyuwangi Belasan rumah warga Desa Tampo Banyuwangi rusak akibat diterjang angin puting beliung pada Kamis (15/9/2022) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun belasan unit rumah dikabarkan mengalami kerusakan.

Kepala Desa Tampo Hasim Ashari membenarkan terjadinya angin puting beliung tersebut. Kata dia, musibah tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 Wib. Hasil pendataan sementara bangunan rumah warga yang terdampak dan rusak mencapai 11 rumah. 

“Kebanyakan rumah warga yang rusak di bagian atap karena terkena angin yang cukup kencang," ujar  Hasim Ashari.

Selain merusak rumah, sejumlah pohon milik warga setempat juga tumbang.

Saat ini, kata Hasyim, para warga langsung berupaya membenahi rumahnya yang rusak.

“Warga bergotong royong memperbaiki bangunan yang rusak. Itu ada yang gentengnya, ada yang atap terbuka dari seng sempat terbuka, ini mulai diperbaiki lagi,”paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BPBD Turunkan Tim

Kepala BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli mengatakan, Belasan rumah yang terdampak angin puting beliung tersebut rusak ringan hingga sedang. Kata dia, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Menurut Iljam, saat ini tim reaksi cepat BPBD Banyuwangi, telah terjun ke lapangan untuk membantu warga memperbaikia rumah yang rusak riangan. Selain itu, BPBD juga terus mendata jika kemungkinanan ada tambbahan jumlah rumah yang rusak.

“Tim reaksi cepat BPBD Banyuwangi sudah kami terjunkan, untuk membantu warga yang rumahnya rusak ringan maupun sedang. Selalin itu, pendataan juga terus kita lakukan,” pungkas ilzam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.