Sukses

BIAN Tahap II Sasar 2,2 Juta Anak di Jatim, Lampaui Target Nasional

Khofifah meminta berbagai pihak dan elemen strategis terutama bupati/ wali kota untuk memaksimalkan penyisiran bagi anak-anak yang belum mengikuti BIAN.

Liputan6.com, Surabaya - Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahap II di Jatim per 12 September 2022 telah mencapai 95,2 persen. Angka ini melebihi capaian BIAN nasional yang mencapai 85,1 persen.

Berdasarkan data Rekapitulasi Laporan Imunisasi Measles (campak) dan Rubella (campak Jerman) alias MR per kabupaten/ kota tahun 2022, periode 1 Agustus - 12 September 2022, cakupan MR di seluruh kabupaten kota di Jatim telah mencapai 2.238.481 anak dari total proyeksi 2.352.401 anak.

"Meskipun capaian imunisasi BIAN di Jatim telah melampaui target dari Kemenkes yakni 95,2 persen, saya meminta pelaksanaan imunisasi BIAN ini tetap dimaksimalkan," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, usai meninjau BIAN di TK Islam Al Fajar, Jalan Medokan Sawah Surabaya, Selasa (13/9/2022).

Khofifah meminta berbagai pihak dan elemen strategis terutama bupati/ wali kota untuk memaksimalkan penyisiran bagi anak-anak yang belum mengikuti BIAN. Termasuk untuk kalangan kurang mampu dan difabel.

“Hari ini adalah hari terakhir dari pelaksanaan BIAN. Target dari Kemenkes setiap provinsi bisa mencapai 95 persen. Per kemarin tanggal 12 September Provinsi Jatim sudah mencapai 95,2 persen dan melebihi target nasional. Masih ada hari ini Insya Allah jumlahnya pasti akan bertambah karena saya melihat pergerakan ini tetap berjalan,” ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan BIAN ini sejalan dengan penguatan kualitas SDM di Jatim. Dimana, dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai elemen strategis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

175 Anak di Surabaya

Kota Surabaya, lanjut Gubernur Khofifah, target cakupannya sebanyak 175 ribu anak. Angka ini tertinggi karena memang penduduknya tertinggi. Untuk itu ia berharap target yang telah dicapai hampir 93 persen untuk Kota Surabaya bisa meningkat di hari terakhir ini.

“Kali ini sekolah dan tim nakes terdekat dan juga tidak kalah penting support orang tua menjadi bentuk sinergi dan kolaborasi untuk menyukseskan pelaksanaan BIAN ini. Terimakasih kerja keras seluruh elemen strategis terutama para nakes,” ujarnya.

Diketahui, BIAN di Jawa Timur dilaksanakan pada Agustus 2022, diperpanjang pada tahap dua sampai 13 September 2022 di seluruh kabupaten/kota.

Jika diperingkat secara nasional, per 12 September 2022, capaian Jatim di peringkat pertama untuk capaian BIAN Tahap II, yaitu 2.238.481. Sementara hari ini masih terus berjalan diberbagai daerah.

Pelaksanaan BIAN ini dilakukan dengan pemberian imunisasi tambahan campak rubella (MR) kepada sasaran anak usia 9 bulan sampai 59 bulan dengan target 2.399.159 anak.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.