Dinas PUPR: Jembatan Gantung di Probolinggo Putus Karena Overload Beban

Oleh Hermawan Arifianto pada 10 Sep 2022, 20:10 WIB
Diperbarui 10 Sep 2022, 20:10 WIB
Kondisi jembatan gantung yang ambruk di Kabupaten Probolinggo (Istimewa)
Perbesar
Kondisi jembatan gantung yang ambruk di Kabupaten Probolinggo (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Jembatan Gantung yang menghubungkan Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan dan Desa Pajarakan Kulon, Kecamatan Pajarakan  Probolinggo putus pada Jumat 9 September pagi. Sekitar 40 siswa dan guru SMPN 1 Pajarakan yang tengah menyeberang terjebur ke sungai.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo menduga putusnya jembatan gantung itu karena overload.

“Ketika berada di atas jembatan, para siswa berkumpul serta menggoyang-goyangkan jembatan. Karena overload, akhirnya angker atau cantolan pemberat jembatan yang ada di ujung itu patah,”ujar Kepala Dinas PUPR Probolinggo, Hengki Cahjo Saputra Sabtu (10/9/2022)

Karena overload kata dia beban yang ada saat kejadian memang di luar kemampuan sekitar 40 anak berada di atas jembatan, pada waktu bersamaan. Jika satu anak beratnya 50 kilogram maka sudah ada beban sekitar 1,8 ton lebih.

“Jika beban itu di tengah-tengah jaraknya dengan bentang 20 meter, 10 meter di bagi kanan kiri, hampir kurang lebih 3,6 ton dalam waktu yang bersamaan. Jika ditambah dengan goyangan bisa-bisa bebannya 7 sampai 10 ton, makanya jembatan tidak bisa menahan beban dan ambruk,” kata Hengki.

Untuk penanganan lebih lanjut, kata Hengki, masih dilakukan asesmen di lapangan oleh Dinas PUPR. Sedangkan untuk perbaikan pemerintah akan terlebih dahulu rapat dengan BPBD dan instansi terkait.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Infografis Polri Pakai Lie Detector Periksa Seluruh Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Polri Pakai Lie Detector Periksa Seluruh Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J. (Liputan6.com/Trieyasni)

Jalan Sehat

Sebelumnya, Sebanyak 40 siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama terjatuh ke sungai Ketika jembatan gantung yang mereka lintasi di Desa Kragenan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo putus pada Jumat (9/9/2022) pagi

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 6.30 Wib  pagi. Saat itu ada puluhan pelajar sedang jalan sehat dan berangkat sekolah berada di tengah-tengah jembatan.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya