Pemkab Probolinggo Jamin Pasokan BBM dan Elpiji Bersubsidi Aman

Oleh Hermawan Arifianto pada 04 Sep 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 04 Sep 2022, 22:00 WIB
Ilustrasi pengisian BBM (Istimewa)
Perbesar
Ilustrasi pengisian BBM (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan Elpiji 3 Kg di daerahnya mencukupi dan aman untuk kebutuhan masyarakat.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini banyak mengalami sedikit masalah terhadap pasokan BBM di berbagai daerah hingga mengalami antrian yang panjang di setiap SPBU. Sedangkan di Kabupaten Probolinggo itu sendiri hingga saat ini stok BBM dan elpiji tidak ada masalah dan tetap pada kategori stok aman.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi mengatakan stok ketersediaan BBM untuk jenis Pertalite dengan kuota 54.754 kiloliter (kl) dengan realisasi per Juli 46.032 kl.

“Stock BBM pertalite mencapai 8.722 kl. Untuk bio solar dengan kuota 41.468 kl dan realisasi per Juli 24.320 kl. Jadi stok 17.148 kl,” ujarnya di Probolinggo, Sabtu (3/9/2022).

Menurut Susilo, ketersediaan elpiji 3 kg dengan kuota 29.444 MT/ 9.814.667 tabung. Untuk realisasi per Juli 16.612 MT/ 5.537.333 tabung. Sedangkan stocknya mencapai 12.832 MT/ 4.277.333 tabung.

Kondisi terkini per 1 September di tahun 2022, PT Pertamina resmi menurunkan tiga harga BBM non subsidi. Per 1 September 2022 harga BBM non subsidi mengalami penurunan yakni Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Selain itu, PT Pertamina melakukan penyesuaian BBM umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar.

Dalam perhitungan harga jual eceran Jenis BBM umum, untuk jenis bensin dan solar yang disalurkan melalui stasiun pengisian bahan bakar umum. Untuk Pertamax Turbo (RON 98) yang awalnya Rp 17.900,00 turun menjadi Rp 15.900,00, Dexlite yang semula Rp 17.800,00 menjadi Rp 17.100,00 dan Pertamina Dex semula Rp 18.900,00 menjadi Rp 17.400,00.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Sosialisasi Aplikasi MyPertamina

“Jadi, Pertamina sebagai operator dari kebijakan pemerintah menginformasikan adanya ketersediaan stok dan distribusi hingga saat ini lancar dan aman terkedali. Untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan subsidi yang lebih tepat sasaran, Pertamina mensosialisasikan aplikasi MyPertamina dalam pendataan kendaraan. Data yang telah masuk akan dianalisa dan ditentukan tim bersama oleh BPH Migas dan Badan Pendapatan Daerah,” terangnya.

Hal-hal lain yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Probolinggo adalah analisa kebijakan strategis, terkait dengan keterjangkauan harga, bagaimana harga terkait kebutuhan primer masyarakat tetap terjangkau, ketersediaan pasokan dan jangan sampai ada barang kebutuhan primer yang di pasaran kosong.

“Jadi sustainability, supply selalu terjaga kelancaran distribusi barang-barang juga diperoleh dari kota lain, maka kelancaran distribusi melalui transportasi dengan berbagai moda harus dipastikan lancar. Komunikasi efektif untuk stakeholder dan masyarakat pengguna selalu tersampaikan sehingga dengan komunikasi yang efektif seperti ini, dampaknya dapat diminimalisir,” paparnya.


Harga Sembako Naik di Probolinggo

Sementara Wakil Bupati Probolinggo . Timbul Prihanjoko mengharapkan dengan kondisi seperti di tingkat daerah, fokusnya kepada masyarakat jangan sampai terjadi panik buying yang disebabkan informasi-informasi yang beredar. “Hingga saat ini, BBM bersubsidi masih tidak ada kenaikan harga terutama di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Terkait dampak akibat persepsi yang munculnya informasi kenaikan harga BBM jelas Wabup Timbul, telah terlihat sebagian harga sembako mengalami kenaikan harga.

“Dengan hasil rakor ini, Pemerintah beserta jajaran aparat TNI/Polri bersepakat untuk melakukan kunjungan atau sidak di tempat-tempat pedagang. Harapannya harga jual sembako dari pedagang di pasar tradisional maupun pasar modern tetap terjangkau,” jelasnya.

Menurut Timbul, Pemerintah Kabupaten Probolinggo beserta jajaran TNI/Polri akan melakukan pengawasan pengamanan di tempat-tempat SPBU di wilayah Kabupaten Probolinggo maupun di wilayah Kota Probolinggo.

“Distribusi di tiap-tiap SPBU terus berjalan dengan lancar dan menghindari adanya kekosongan BBM. Ketersediaan stok BBM di Kabupaten Probolinggo dipastikan aman dan tercukupi,” pungkasnya.

 

Infografis 3 Bansos untuk Hadapi Harga BBM Naik. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 3 Bansos untuk Hadapi Harga BBM Naik. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya