Sukses

Survei SSC: Emil Dardak Pimpinan Parpol Paling Populer di Jatim

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Muhamad Reno Zulkarnaen mengatakan, dipimpin politisi muda yang populer adalah modal besar untuk kemenangan Demokrat di Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Soerochim menyatakan, nama  Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak berada di posisi teratas hasil survei popularitas pimpinan partai politik di Jatim hingga mencapai angka 78,8 persen.

Soerochim menyebut, tingginya popularitas Emil Dardak adalah keuntungan besar karena bisa menjadi panggung sekaligus daya tarik bagi Demokrat atas kelebihan yang dimiliki Emil, yang muda cerdas dan populer

"Secara panggung ini harus bisa dimanfaatkan untuk effect positif bagi Demokrat. Karena sebagai pejabat publik yang sangat politis ini, Emil akan sangat mudah untuk bisa menjadi daya tarik guna mengerek kenaikan Demokrat," ujarnya, Selasa (30/8/2022).

Dengan waktu yang cukup panjang dan hasil popularitas tinggi, Dekan Fisip UTN Madura ini yakin Demokrat akan mampu mengerek suaranya atas faktor Emil dan kerja kerja politik Demokrat lainnnya.

"Masih ada waktu cukup panjang selama 18 bulan untuk memainkan peran, karena politik itu dinamis semua masih mungkin berubah. Dengan memaksimalkan panggung yang ada bagi Emil, sangat besar peluangnya untuk mengerek Demokrat Jatim dalam pemilu nanti," ucapnya.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Muhamad Reno Zulkarnaen mengatakan, dipimpin politisi muda yang populer adalah modal besar untuk kemenangan Demokrat di Jatim. Menurutnya, Survei adalah fakta yang tidak bisa terbantahkan.

"Alhamdulilkah ini membuktikan Demokrat makin hari menunjukkan eksistensi untuk semua kalangan. Bahkan, bisa dikatakan generasi milineal juga memiliki harapan besar agar Demokrat bisa mewakili aspirasinya," ujarnya.

Partai Demokrat menurut dia adalah partai yang dipimpin oleh kelompok muda yang luar biasa. "Ketua umumnya AHY anak muda usia 44 tahun dan ketua DPD Jatim Emil Dardak usianya 38, modal yang kami yakini kami bisa menang di Pemilu mendatang," ucap Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Atas Ketua PDIP

Diketahui, popularitas suami Arumi Bachsin itu mencapai angka 78,8 persen. Menyalip jauh popularitas Kusnadi (Ketua DPD PDIP Jatim) yang hanya 28,2 persen, dan Anwar Sadad (Ketua DPD Partai Gerindra Jatim). di angka 27,8 persen.

Nama-nama pimpinan partai lain popularitasnya berada di bawah angka 20 persen, seperti Abdul Halim Iskandar (PKB) dengan 18,8 persen, M Sarmuji (Golkar) dengan 12,8 persen.

Lalu Mundjidah Wahab (PPP) dengan 7,8 persen, Iwan Setiawan (PKS) dengan 7,0 persen, Sri Sajekti Sudjunadi (Nasdem) dengan 6,6 persen, hingga Ahmad Rizki Sadiq (PAN) dengan lima persen.

Survei yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 1-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.