Sukses

Kenduri Bahari Nasdem Jatim Tanam Ribuan Mangrove

Rachmad Gobel menegaskan keseriusan partainya melakukan aksi penanaman pohon sebagai langkah antisipasi perubahan iklim yang menjadi permasalahan dunia.

Liputan6.com, Surabaya - DPW Nasdem Jawa Timur menggelar aksi Kenduri (Kendalikan, Lindungi, dan Lestarikan) Bahari dengan menanam ribuan pohon mangrove di Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

Wakil Ketua DPR RI yang juga merupakan kader Nasdem Rachmad Gobel menegaskan keseriusan partainya melakukan aksi penanaman pohon sebagai langkah antisipasi perubahan iklim yang menjadi permasalahan dunia.

"Ini bagian dari upaya mengantisipasi perubahan iklim yang dihadapi dunia saat ini. Mudah-mudahan dari sini nanti akan meningkatkan produksi oksigen yang sangat dibutuhkan masyarakat dunia dan kebutuhan orang banyak," kata Gobel, Minggu (28/8/2022).

Gobel juga berkesempatan mengikuti tradisi melarung sesajen di tengah teluk, sebagai wujud syukur dari para nelayan setempat.Gobel menganggap kesempatan tersebut sebagai pengalaman luar biasa.

Gobel mengatakan, dari pengalaman tersebut juga dirinya bisa merasakan bagaimana perjuangan para nelayan untuk bisa menghidupi keluarga dan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa.

"Para nelayan ini juga pejuang yang ikut berperan di dalam mengisi pembangunan negeri ini. Karena tanpa para nelayan, saya kira kita tidak akan bisa menikmati hasil kekayaan alam yang diberikan Allah Tuhan yang Maha Esa," ujarnya.

Gobel mengaku telah menampung berbagai aspirasi para nelayan, yang salah satunya adalah meminta perbaikan dermaga. Gobel menegaskan usulan dari para nelayan itu akan disampaikan di rapat anggota dewan, untuk ditindaklanjuti.

"Nanti kita rumuskan apa yang harus kita perbaiki supaya nelayan di sini bisa ditingkatkan produktivitasnya," kata Gobel.

Gobel menegaskan peran penting para nelayan dalam memenuhi kecukupan sektor pangan di negeri ini. Apalagi saat ini dunia sedang memasuki masalah krisis pangan.

Indonesia, kata dia dianugerahi laut yang luas dan besar dengan seisinya, yang jika dimanfaatkan dengan baik akan menjaga kestabilan sektor pangan.

"Ini tentu harus kita berdayakan agar mendapat nilai tambah untuk bisa mengatasi masalah krisis pangan," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wujud Syukur

Ketua DPW NasDem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi atau Bunda Janet menambahkan, aksi penanaman mangrove yang dijalankan partainya sebagai wujud syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Sebab, kata dia, akai tersebut bisa desebut sebagai upaya menjaga keindahan alam yang telah dianugerahkan Tuhan yang Maha Esa. "Menanam mangrove sebagai bukti syukur terhadap Gusti Allah yang telah menganugerahkan terhadap kita alam yang indah ini," kata Bunda Janet.

Selain penanaman ribuan pohon mangrove, kegiatan tersebut juga dimeriahkan acara jalan sehat yang diikuti ribuan warga setempat. Untuk membuat acara yang digelar lebih meriah, DPW NasDem Jatim menyiapkan berbagai doorprize menarik.

Doorprize yang disediakan terdiri dari dua ekor sapi, sepeda listrik, lemari es, dan berbagai hadiah menarik lainnya. Untuk membakar semangat para peserta, Bunda Janet mengajak peserta meneriakkan teriakan 'Dirgahayu Republik Indonesia' sebelum jalan sehat dimulai.

"Dirgahayu Republik Indonesia," kata Bunda Janet dengan penuh semangat, yang kemudian diikuti teriakan ribuan peserte dengan kompak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.