Sukses

Bertambah 2 Orang, Total 5 Anggota Polsek Sukomanunggal Surabaya Positif Sabu

Kombes Dirmanto mengatakan, lima anggota Polsek Sukomanunggal Surabaya tersebut selanjutnya menjalani pemeriksaan di laboratorium forensik.

Liputan6.com, Surabaya - Dua anggota Polsek Sukomanunggal dinyatakan positif narkoba berdasarkan hasil tes urine. Kini total mereka menjadi lima polisi yang terlibat pemakaian narkoba jenis sabu.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, kemarin diperoleh hasil dari tes urine yang menyatakan tiga polisi anggota Polsek Sukomanunggal Sukomanunggal positif narkoba.

"Sedangkan untuk lima anggota Polsek Sukomanunggal yang juga ikut diamankan di Mapolda Jatim, hasilnya masih samar-samar atau berdasarkan tes belum diperoleh hasil negatif," ujar Kombes Dirmanto di Mapolda Jatim, Jumat (26/8/2022) malam.

Kombes Dirmanto mengatakan, lima anggota Polsek Sukomanunggal Surabaya tersebut selanjutnya menjalani pemeriksaan di laboratorium forensik.

"Hari ini hasil laboratorium forensik sudah muncul. Dari lima orang itu, dua di antaranya positif narkoba. Dengan begitu yang positif narkoba dari hasil tes urine di Mapolsek Sukomanunggal Surabaya seluruhnya menjadi lima orang," ucapnya.

Kombes Dirmanto menyebut, lima orang anggota Polsek Sukomanunggal Surabaya tersebut semuanya mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu.

"Menurut keterangan yang kami dapatkan, lima orang ini saat menggunakan sabu-sabu tidak di dalam lingkungan Mapolsek Sukomanunggal Surabaya. Mereka mengaku memakainya di luar," ujarnya.

Kombes Dirmanto menegaskan, kelima anggota Polsek Sukomanunggal Surabaya itu yaitu Aiptu EW, Aipda TA, Bripka FR, Bripka PD dan Bripka C.

Kelima anggota Polsek Sukomanunggal Surabaya itu, lanjut Kombes Dirmanto, saat ini ditempatkan di ruangan khusus untuk menjalani pemeriksaan di hadapan penyidik Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Jatim.

"Saat ini status lima anggota Polsek Sukomanunggal Surabaya itu masih sebagai terperiksa. Penyidik Bid Propam Polda Jatim setelah melakukan pemeriksaan selanjutnya akan menggelar perkara, sesuai mekanisme yang tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2002," ujarnya.

Sebelumnya, tiga anggota Polsek Sukomanunggal Surabaya dinyatakan positif sabu berdasarkan hasil tes urine. Masih ada lima anggota lainnya yang saat ini masih menunggu hasil tes urine. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Tes Urine

Perihal tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto. Dia mengungkapkan, ketiga orang oknum anggota Mapolsek Sukomanunggal tersebut, berinisial Aipda TA, Aiptu EW, dan Bripka FR. 

"Mereka terbukti mengonsumsi setelah mengikuti tes urine yang digelar oleh Bidang Propam Polda Jatim, dalam inspeksi mendadak (Sidak) pukul 19.00 WIB, Rabu 24 Agustus kemarin," ujar Kombes Dirmanto di Mapolda Jatim, Kamis (25/8/2022). 

Tes urine tersebut dilaksanakan kepada hampir seluruh anggota Mapolsek Sukomanunggal yang berjumlah 30 orang anggota.

"Yang positif tes kit narkoba Aipda TA, Aiptu EW, dan Bripka FR. Kemungkinan sabu," ucap Kombes Dirmanto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.