Kembali Dinas Usai Berkabung Wafatnya Ayahanda, Emil Dardak Mentori Pejabat Jatim

Oleh Liputan6.com pada 26 Agu 2022, 18:10 WIB
Diperbarui 26 Agu 2022, 18:10 WIB
Emil Dardak. (Foto: Dok. Instagram @emildardak)
Perbesar
Emil Dardak. (Foto: Dok. Instagram @emildardak)

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak kembali bertugas usai berkabung atas wafatnya ayahnya Achmad Hermanto Dadak. 

Mantan Bupati Trenggalek mengawali aktivitasnya dengan menjadi mentor pada Seminar Implementasi Proyek Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I Angkatan III Tahun 2022 di Gedung Wisesa Lembaga Adminstrasi Negara (LAN) Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Peserta yang dimentori Emil adalah tiga pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, yaitu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mohammad Yasin, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aries Agung Paewai serta Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jatim Nyono.

Saat mendengarkan pemaparan dari Kadishub Nyono yang mempresentasikan proyek peningkatan pelayanan kualitas angkutan umum berbasis android, Wagub Emil mengaku perasaannya menjadi campur aduk.  

"Sebab almarhum papa saya pernah menjabat Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia. Beliau menyampaikan dengan sangat baik tentang trip generation, distribution, assignment dan modal split, yang sudah dipikirkan dalam membuat Trans-Jatim Ajaib. Ada perbedaan antara jarak jauh dan jarak pendek, juga kita ingin melihat adanya sinergi sehingga tidak tercipta monopoli," ujarnya, dikutip dari Antara. 

Kepala Bappeda Jatim Mohammad Yasin memaparkan proyek penanggulangan kemiskinan pedesaan yang targetnya dapat menurunkan angka kemiskinan di Jatim satu digit.

Sedangkan Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai mempresentasikan proyek strategi pembaruan Corporate University berbasis tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), program pengembangan kompetensi yang difokuskan untuk aparatur sipil negara (ASN). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Jadi Contoh Daerah Lain

Menurut Wagub Emil, inovasi yang ditawarkan oleh tiga pejabat Pemprov Jatim itu dapat menjadi contoh bagi daerah lain, mengingat sudah banyak perubahan berarti dari masing-masing bahan yang telah dipresentasikan.  

"Antara lain penurunan jumlah kemiskinan yang tertinggi di Indonesia, membuat Yasin diminta untuk menyiapkan diri menjadi percontohan di Papua. Serta peningkatan kualitas ASN Jatim yang mengantarkan Pemprov Jatim meraih banyak penghargaan di bidang pemerintahan. Tak hanya itu, Trans-Jatim Ajaib hingga saat ini telah diinstal lebih dari 10.000 pengguna," ujarnya. 

Lebih lanjut, Wagub Emil berharap inovasi yang digagas oleh tiga pejabat Pemprov Jatim tersebut bisa menciptakan snowball effect untuk daerah lain. 

infografis journal
Perbesar
infografis journal Kenapa Film Horor Banyak Diminati di Indonesia?. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya