Sukses

3 Nyawa Warga Melayang, Desa Gili Ketapang Probolinggo KLB Difteri

Penyakit difteri merupakan suatu penyakit menular yang dapat menyebabkan sesak napas, pneumonia, kerusakan saraf, gangguan jantung hingga kematian.

Liputan6.com, Probolinggo - Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo menggeber vaksinasi difteri bagi Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih, setelah kawasan tersebut masuk zona Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri. 

Penyakit difteri merupakan suatu penyakit menular yang dapat menyebabkan sesak napas, pneumonia, kerusakan saraf, gangguan jantung hingga kematian.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo Shodiq Tjahjono mengatakan sejak Maret, ada tiga kasus kematian yang disebabkan difteri di Desa Gili Ketapang. Dengan adanya kasus tersebut, Desa Gili Ketapang sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri serta dilakukan penanganan yang luar biasa.

“Dengan KLB difteri tentunya harus melakukan secara respons yaitu melakukan kegiatan Outbreak Response Immunization (ORI) yakni pemberian imunisasi difteri," ujarnya, Jumat (26/8/2022).

Dengan kondisi demografi dan kondisi geografi di Gili Ketapang, maka total populasi harus diberikan imunisasi difteri kesemuanya, baik anak-anak hingga orang dewasa,.

Shodiq menambahkan, pihaknya tidak ingin kasus kematian akibat difteri muncul lagi. Untuk membendungnya maka Pemerintah Daerah telah memberikan imunisasi difteri bagi masyarakat. Imunisasi dosis pertama capaiannya 85% dan imunisasi kedua capaiannya 75%.

“Dengan demikian, sisa imunisasi dosis pertama sebesar 15% dan dosis kedua 25% dapat diselesaikan pada saat ini. Untuk imunisasi ketiga (booster) akan dimulai pada Oktober hingga Nopember,” terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diminta Jaga Lingkungan Bersih

Sementara Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menjelaskan masyarakat Desa Gili Ketapang sudah banyak yang sadar untuk menjaga kesehatannya. Seperti imunisasi difteri saat ini telah diikuti banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

“Pemerintah Kabupaten Probolinggo menginginkan masyarakat Desa Gili Ketapang selalu sehat dan dijauhkan dari penyakit menular. Imunisasi ini sebagai upaya untuk memberikan kekebalan dan sebagai perlindungan masyarakat Desa Gili Ketapang agar tidak terserang penyakit,” katanya.

Timbul berharap kesadaran masyarakat Desa Gili Ketapang untuk selalu menjaga kesehatan dengan baik menjaga lingkungan yang bersih.

“Imunisasi ini wajib bagi masyarakat Desa Gili Ketapang agar masyarakat selalu sehat, tentunya rejeki akan semakin lancar dan hidupnya menjadi makmur,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.