Sukses

Jurus Pemkot Madiun Stabilkan Harga Telur yang Terus Meroket

Selain berkoordinasi dengan peternak sentra produksi, Dinas Perdagangan juga siap menyelenggarakan operasi pasar untuk menurunkan harga telur di pasaran.

Liputan6.com, Madiun - Harga telur ayam di sejumlah pasar di Kota Madiun, Jawa Timur terus meroket hingga menembus Rp30.000 per kilogram dari yang sebelumnya berkisar antara Rp22.000 hingga Rp26.000 per kilogram.

Untuk menstabilkan harga telur ayam yang meroket itu, Dinas Perdagangan Kota Madiun melakukan sejumlah upaya yang diwujudkan dengan mengisntruksikan jajarannya untuk melakukan pengecekan langsung di sentra produksi, seperti di Magetan, Lamongan, Malang, Nganjuk, dan Blitar.

"Kami akan koordinasikan dengan peternak di sentra produksi. Kalau ada hambatan di jalur distribusi harus dicari solusinya. Harapannya, kenaikan harga ini bisa segera diatasi," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Anshar Rasidi di Madiun, dilansir dari Antara (25/8/2022).

Pihaknya membenarkan jika harga komoditas telur ayam ras tersebut mengalami kenaikan secara bertahap sejak sebulan terakhir di Kota Madiun, tapi kasus tersebut juga dialami di tingkat nasional.

Selain berkoordinasi dengan peternak sentra produksi, Dinas Perdagangan juga siap menyelenggarakan operasi pasar untuk menurunkan harga telur di pasaran.

Namun, saat ini ia mengaku masih dalam tahap mencari rekanan untuk dapat menyelenggarakan kegiatan operasi pasar tersebut dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan.

"Kami siap menggelar operasi pasar. Saat ini masih tahap mencari rekanan. Prinsipnya untuk anggaran kami siap," katanya.

Sementara itu, salah seorang pedagang telur ayam ras di Pasar Besar Madiun (PBM) Mulyono mengatakan kenaikan harga telur ayam saat ini disebabkan bibit ayam petelur dari peternak mengalami kenaikan harga dari Rp14 ribu per ekor menjadi Rp17 ribu per ekor.

"Begitu pula dengan pakan ternak juga mengalami kenaikan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjualan Turun

Menurut dia, kenaikan harga tersebut menyebabkan penjualannya mengalami penurunan karena konsumen merasa berat untuk membeli telur.

"Biasanya saat harga masih normal bisa menjual empat sampai lima kotak telur per hari. Hari ini cuma dua kotak," kata Mulyono.

Dia berharap, harga bisa normal kembali, sebab kenaikan harga tentu mempengaruhi konsumen, terutama para pelaku usaha kuliner berkaitan dengan telur ayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.