Program Bagi-Bagi 10 Juta Bendera Merah Putih Sasar Nelayan Desa Gili Probolinggo

Oleh Hermawan Arifianto pada 16 Agu 2022, 22:07 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 09:48 WIB
Para nelayan di Probolinggo terima bantuan 10 juta bendara merah putih (Istimewa)
Perbesar
Para nelayan di Probolinggo terima bantuan 10 juta bendara merah putih (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo membagi 10 juta bendera merah putih bagi nelayan dan masyarakat di Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih.

Pembagian bendera  dimulai dari perairan laut hingga pelabuhan Gili Ketapang. Bendera dibagikan kepada setiap perahu nelayan yang dijumpai di laut. Ketika tiba di pelabuhan, tim langsung memasang bendera merah putih. Selain itu mengganti bendera merah putih yang sudah rusak.

Kedatangan tim Pemkab Probolinggo ini disambut oleh Kepala Desa Gili Ketapang Monir didampingi oleh perangkat desa dan nelayan. Selanjutnya dilakukan penghormatan kepada bendera merah putih berupa upacara di pasir putih Pantai Gili Ketapang.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan, pembagian bendera merah putih bagi nelayan dan masyarakat Desa Gili Ketapang ini merupakan rangkaian dari pembagian bendera merah putih untuk mendukung Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Probolinggo.

“Sebelumnya, pembagian bendera merah putih ini diberikan oleh Bapak Plt Bupati Probolinggo bagi masyarakat yang ada di kawasan Tengger di Kecamatan Sukapura,” katanya, Selasa (16/8/2022).

Menurut Yulius, pembagian bendera merah putih bagi nelayan Gili Ketapang ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa serta untuk mengenalkan wisata Gili Ketapang.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini ekonomi masyarakat bisa tumbuh kembali sesuai dengan tema peringatan HUT ke-77 RI. Yakni, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dipasang di Perahu Nelayan

Sementara Kepala Desa Gili Ketapang Monir sangat mendukung kegiatan pembagian bendera merah putih yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo kepada nelayan yang ada di Gili Ketapang.

“Alhamdulillah, kami menyambut baik pembagian bendera merah putih yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo kepada para nelayan. Mereka sangat antusias sekali dan langsung memasang bendera di perahunya masing-masing,” ungkapnya.

Monir menyampaikan ucapan terima kasih atas pembagian bendera merah putih yang dilakukan Pemkab Probolinggo. Selama ini nelayan memasang bendera merah putih lama yang sudah dipakai setiap tahun di perahunya, sehingga begitu ada pembagian bendera merah putih tersebut mereka langsung mengganti dengan yang baru.

“Nelayan langsung memasang dan mengganti bendera di perahunya serta memberikan penghormatan di atas perahunya masing-masing. Mudah-mudahan program seperti ini tidak hanya tahun ini saja, tetapi bisa semakin merata untuk tahun-tahun mendatang,” harapnya.

Infografis Subsidi BBM Bengkak hingga Rp 502 Triliun, Jokowi Harus Bagaimana? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Subsidi BBM Bengkak hingga Rp 502 Triliun, Jokowi Harus Bagaimana? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya