Jatim Borong 32 Penghargaan BKN, Khofifah: Kolaborasi Adalah Keniscayaan

Oleh Dian Kurniawan pada 12 Agu 2022, 22:04 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 22:04 WIB
Khofifah menerima penghargaan dari BKN. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).
Perbesar
Khofifah menerima penghargaan dari BKN. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).

Liputan6.com, Surabaya - Provinsi Jawa Timur memborong 32 penghargaan dalam Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Award 2022. Penghargaan di bidang kepegawaian tersebut ditorehkan Pemprov Jatim maupun pemerintah kabupaten atau Pemerintah Kota.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut penghargaan tersebut merupakan buah kerja keras pemkab dan pemkot untuk meningkatkan mutu kinerja dibarengi dengan sinergitas yang patut diacungi jempol.

"Selamat atas raihan prestasi dari BKN. Terus inovasi terbaik melayani masyarakat. Jadikan daerah kita untuk menyemai damai, kasih dan membangun nasionalisme," ujarnya usai menerima penghargaan dari Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf, ditulis Jumat (11/8/2022).

Khofifah mengingatkan pentingnya transformasi learning bagi ASN. Menurutnya, revitalisasi proses pembelajaran implementasi dan mekanisme, harus dilakukan komperhensif utamanya di unit kecil pada masing-masing instansi.

"Selain itu kolaborasi memang sering kita dengar tapi belum tentu tim yang dibawah merasa cukup percaya diri untuk membangun kolaborasi dengan eksternal sistem," ucapnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut mengajak seluruh ASN di Jatim untuk memiliki mindset terbuka dan proaktif yang harus dilakukan oleh tim untuk memaknai sebuah inovasi dan kreatifitas pekerjaan.

"We have to open mind, kolaborasi adalah keniscayaan, begitu pula dinamika hirarki yang kompleks. Kolaborasi adalah kebutuhan dan keharusan," pesannya.

Khofifah juga mengajak ASN Jatim untuk tetap menjaga etika dalam kultur birokrasi. Hal tersebut agar dipahami dan terus dijalankan.

"Tidak banyak orang yang sabar mendengar, hanya senang menyampaikan. Mari kita tradisikan budaya mendengar. Lalu ada fleksibilitas dan regulasi yang harus dipedomani," kata Khofifah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bangun Nasionalisme

Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut berpesan, tranformasi dari 4.0 menuju ke 5.0 bukan hanya sekedar belajar, namun haruslah membangun metode pembelajaran.

Sementara itu, bertepatan dengan bulan Kemerdekaan, Khofifah menambahkan, dengan diraihnya banyak penghargaan dari BKN kali ini dapat menjadi momentum untuk membangun nasionalisme serta integrasi dalam membangun bangsa.

"Penghargaan adalah bonus kerja keras yang dilakukan bersama. Terimakasih kepada bupati dan wali kota, bahwa apa yang sudah dilakukan bersama ternyata mendapat apresiasi dari BKN yang luar biasa," ujarnya.

"Mohon saling menularkan ke tetangga kabupaten maupun kota lainnya, sehingga kita maju bersama, dan bergerak bersama," pesan Khofifah.

Infografis Jadwal dan Usulan Tahapan Pemilu Serentak 2024
Perbesar
Infografis Jadwal dan Usulan Tahapan Pemilu Serentak 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya