Sukses

Solusi Damai Khofifah Cegah Rusuh di Mulyorejo Jember Terulang

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa angkat bicara soal kerusuhan pembakaran beberapa rumah dan belasan kendaraan warga di Desa Mulyorejo Jember.

Liputan6.com, Jember - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa angkat bicara soal kerusuhan pembakaran beberapa rumah dan belasan kendaraan warga di Desa Mulyorejo Jember.

“Pokok persoalanya adalah adalah lahan kepemilikan kebun kopi di Desa Mulyorejo  yang merupakan lahan Perhutani. Kami minta Perhutani untuk melihat data dan peta, apakah lahan itu bisa masuk dalam perhutanan sosial," ujar Khofifah, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, Jawa Timur mendapat alokasi perhutani sosial seluas 500 ribu hektare pada 2022, sehingga kalau kawasan yang menjadi konflik tersebut bisa masuk dalam katagori perhutani sosial maka lebih mudah untuk membuat legalitas atas lahan tersebut.

"Saya berharap pihak Perhutani bisa mendapatkan kejelasan lahan itu sebelum dilakukan pertemuan antara warga Desa Mulyorejo dengan warga Desa Banyuanyar Banyuwangi," tambahnya.

Selain masalah lahan, lanjut dia, persoalan premanisme yang terjadi saat musim panen kopi di Desa Mulyorejo harus dihentikan. Kalau dibiarkan maka patensi muncul kembali pada musim panen.

"Forkopimda Jember dan Banyuwangi harus bersama-sama menghentikan,” tegasnya.

Khofifah mengatakan, persoalan infrastuktur harus segera diperbaiki karena sulitnya akses jalan menuju lokasi dapat menjadi salah satu pemicu untuk potensi konflik sosial.

"Kami berharap pertemuan yang akan dilakukan kedua belah pihak desa dapat menyepakati sejumlah poin penting agar kedua desa bisa guyub rukun, sehingga lahan kebun kopi itu menjadi berkah, bukan petaka," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Langkah Cepat Pihak Berwajib

Khofifah mengapresiasi langkah cepat Forkopimda Jember menangani konflik di Desa Mulyorejo

Dalam rapat koordinasi itu, dia mendapatkan pejelasan dari Bupati Jember Hendy Siswanto dan Sekda Banyuwangi Mujiono beserta jajaran hingga tingkat desa terkait dengan persoalan  kerusuhan yang terjadi.

Sebelumnya, 7 rumah warga dan belasan kendaraan di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo Kabupaten Jember dibakar oleh sekelompok orang dari Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru yang marah akibat premanisme yang dilakukan oleh salah satu warga di Desa Mulyorejo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.