Hanya 12 Jam, Kuota Pendaftaran Upacara HUT Kemerdekaan RI di Grahadi Habis

Oleh Liputan6.com pada 09 Agu 2022, 13:04 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 13:04 WIB
Momen Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Perbesar
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bersiap mengibarkan Bendera Merah Putih saat saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Surabaya - Kuota peserta upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, pada 17 Agustus 2022 sudah terpenuhi.

Pendaftaran via daring peserta upacara HUT RI di Gedung Negara Grahadi dibuka pada Minggu (7/8) pukul 00.01 WIB dan ditutup pada Minggu siang pukul 12.00 WIB karena kuota sudah terpenuhi.

"Ini membuktikan animo masyarakat begitu tinggi sehingga kuota bisa terpenuhi dalam setengah hari saja," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (9/8/2022).

Pemprov Jawa Timur memberi kesempatan kepada 1.250 warga untuk mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 17 Agustus 2022.

Perinciannya, sebanyak 500 orang mendapat kesempatan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi mulai pukul 08.00 WIB dan 750 orang boleh mengikuti upacara penurunan bendera Merah Putih mulai pukul 15.00 WIB.

Menurut Khofifah, tingginya animo masyarakat mengikuti upacara HUT RI mencerminkan tingginya nasionalisme dan kecintaan pada Tanah Air.

Dia mengaku tidak sabar menyambut warga yang hendak mengikuti upacara HUT RI di Gedung Negara Grahadi.

"Gedung Negara Grahadi ini adalah rumah rakyat yang memang milik warga Jatim. Maka ayo jadikan Kemerdekaan RI tahun ini sebagai ajang silaturahim yang memperkuat keguyuban, persaudaraan, persatuan, dan kesatuan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dapat e-Sertifikat

Khofifah menjadi inspektur upacara Hari Sumpah Pemuda di Alun-Alun  Tuban. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Perbesar
Khofifah menjadi inspektur upacara Hari Sumpah Pemuda di Alun-Alun Tuban. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Khofifah berpesan kepada warga yang telah terdaftar sebagai peserta upacara HUT RI untuk menaati peraturan yang tertera dalam undangan, termasuk ketentuan mengenai pakaian serta protokol kesehatan.

Pendaftar yang berdomisili di Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, dan Jombang atau kawasan Gerbang Kertasusila dapat mengambil undangan upacara HUT RI di Kantor Biro Administrasi Pimpinan di Lantai 7 Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya, dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) asli dan e-Tiket.

Undangan bagi pendaftar yang tinggal di luar kawasan Gerbang Kertasusila akan dikirim ke alamat masing-masing.

Warga yang mendapat undangan mengikuti upacara HUT RI akan menerima e-Sertifikat dan kenang-kenangan dari Gubernur Jawa Timur.

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya