Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Raung, Petugas Pastikan Jalur Evakuasi Tersedia

Oleh Hermawan Arifianto pada 07 Agu 2022, 23:59 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 23:59 WIB
Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko (Kiri) melakukan mitigasi bencana Gunung Raung (Istimewa)
Perbesar
Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko (Kiri) melakukan mitigasi bencana Gunung Raung (Istimewa)

Liputan6.com, Bondowoso - Pasca Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan status terkini Gunung Raung di Jatim setelah mengalami erupsi beberapa hari lalu, Kapolres Bondowoso AKBP. Wimboko, beserta jajarannya meninjau langsung di wilayah Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso.

Kapolres Bondowoso dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memastikan status Gunung Raung beserta berbagai kesiapan jalur evakuasi manakala terjadi hal yang tak diinginkan.

“Kami bersama BPBD Kab.Bondowoso memastikan kesiapan upaya melakukan penyelamatan warga jika sewaktu – waktu bencana yang disebabkan erupsi Gunung Raung ini terjadi,” kata AKBP Wimboko, Sabtu (6/8/2022).

Kapolres Bondowoso. juga meminta masyarakat sekitar Gunung Raung yang dimungkinkan akan terdampak agar senantiasa waspada dan ikuti arahan dari petugas penyelamatan baik dari BPBD maupun Kepolisian.

Terkait informasi tentang perkembangan aktivitas Gunung Raung,AKBP Wimboko menghimbau agar masyarakat tidak termakan isu yang disinyalir Hoax.

“Kita berpedoman pada informasi resmi dari petugas di lapangan atau informasi dari PVMBG,” tegas AKBP Wimboko.

Pihak Polres Bondowoso lanjut AKBP Wimboko akan terus memantau perkembangan status Gunung Raung dengan berkoordinasi dan berkolaborasi bersama TNI, BPBD serta stakeholder yang ada di Kabupaten Bondowoso.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bansos

Selain memastikan kondisi warga lereng Gunung Raung, Kapolres Bondowoso juga memberikan bantuan sosial khususnya yang beberapa waktu lalu terdampak hujan abu akibat erupsi Gunung Raung

Hingga saat ini status yang berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi dan Jember itu, masih berada di Level II atau Waspada. Masyarakat dihimbau untuk tidak beraktivitas 3 kilometer dari puncak Gunung Raung.

infografis Status Gunung Berapi
Perbesar
infografis Status Gunung Berapi
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya