Tabrakan Beruntun Akibat Rem Blong di Probolinggo, 1 Orang Tewas

Oleh Hermawan Arifianto pada 07 Agu 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Kecelakaan  beruntun (Istimewa)
Perbesar
Ilustrasi Kecelakaan beruntun (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Sebuah truk dengan nopol DK 8153 SA pengangkut semen mengalami kecelakaan di Jalan Raya Lumajang, Desa Malasan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Truk itu diduga mengalami rem blong dan menabrak sejumlah kendaraan di depanya. Dari kejadian itu, satu orang tewas, empat orang luka parah dan beberapa lainnya luka ringan.

Korban meninggal dunia diketahui Bernama Tosan (42) warga Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Sedangkan korban luka yang cukup parah antara lain Siti Aminah, warga  Desa Kedungasem, dan Hatijah Warga Jrebeng Lor, Kota Probolinggo dan Sudah warga Desa Karang Tengah, Kabupaten Probolinggo

Menurut Kesaksian kernet truk Santo mengatakan, jika truk yang ditumpanginya tersebut sebelumnya berangkat dari  arah Kabupaten Jember menuju Gersik. Memasuki wilayah Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, mkondisi rem angin truk sudah mengalami blong.

Khawatir menimbulkan kecelakaan, ia lantas membantu sopir truk untuk memberikan aba-aba ke pengguna jalan lainya agar berhati-hati  karena laju truk tengah mengalami rem blong.

“Saya sudah memberikan tanda pengguna jalan, menggunakan kaos warna kuning saya, kaos itu saya buka lalu saya kibar- kibarkan sebagai tanda bahaya,” ujar Santo, Sabtu (6/8/2022).

Namun sesampai di TKP, yaitu di 100 meter dari arah SMA Negeri 1 Leces, ada sebuah mobil pick up bernopol N 9652 YG yang malahan menyalip truk. Karena terkejut sopir truk pun akhirnya membuang setir ke kanan hingga kemudian menyenggol bagian belakang mereka

“Di situ tabrakan beruntun mulai terjadi setelah menabrak pick up  truk kemudian menabrak beberapa pengendara motor yang melaju dari arah berlawanan,” kanta Santo.

Santo menambahkan, saat kecekaan kondisi lalu linas di TKP. Memang tengah ramai sementara  pasca tabrakan beruntun, truk kemudian diarahkan masuk ke semak-semak sampai terguling, guna menghhindari banyaknya jatuh korban.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Simak juga video pilihan berikut ini:


Sopir Truk Diamankan

Informasi di lapangan, pasca tabrakan, para korban luka parah dan korban meningal dunia  langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Muhammad Saleh, Kota Probolinggo. Sedangkan para korban luka parah dan luka ringian dibawah ke Puskesmas Malasan.

Belum diketahui pasti, identitas siapa saja yang menjadi korban tabrakan beruntun tersebut, karena masih dalam pendataan pihak kepolisian.Termasuk terkait penyebab pasti terjadinya kecelakaan itu.

Untuk sopir truk sendiri, sudah diamankan petugas, dimana saat ini, masih dalam penyelidikan  dan pengemabangan terkait kronologis tabrakan beruntun yang menyebabkan 1 orang tewas tersebut.

“Untuk sopir truk sendiri sudah kita amankan dan keterangan terkait kecelakaan beruntut ini. Sedangkan untuk kendaraan sendiri langsung kta bawa ke parkiran pos lantas,” ujar Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Sapari.

“Kejadian tersebut, juga masih dalam penyelidikan dan pengembangan, berkaitan kronologi tabrakan beruntun yang menyebabkan satu orang tewas tersebut,” pungkas Sapari.

 

Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial
Perbesar
Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya