Rangkaian HUT ke-35 Arema, Corteo Aremania hingga Peresmian Patung Singa

Oleh Zainul Arifin pada 05 Agu 2022, 17:04 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 17:04 WIB
Aremania
Perbesar
Aremania di tribune VVIP dan VIP Stadion Kanjuruhan terlihat penuh saat pertandingan melawan Persija (23/11/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Liputan6.com, Malang - Arema FC tepat akan berusia 35 tahun pada 11 Agustus 2022 mendatang. Bakal ada berbagai kegiatan yang digelar untuk merayakan hari ulang tahun klub kebanggaan Arek – arek Malang tersebut.

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang dan Aremania, kelompok suporter Arema, pun menggelar rapat koordinasi bersama. Satu yang pasti, diimbau tidak ada konvoi selama hajatan tersebut.

Media Officer Arema Darmaji mengatakan, manajemen klub berjuluk Singo Edan sudah lima tahun terakhir ini selalu mengimbau kepada Aremania tidak  konvoi. Termasuk saat perayaan HUT nanti.

“Manajemen menyarankan meminimalisir bahkan kalau bisa jangan ada konvoi, khawatir mengganggu arus lalu lintas,” kata Darmaji usai rakor di Balai Kota Malang, Kamis, 4 Agustus 2022.

Rangkaian kegiatan bakal dimulai pada 10 Agustus sejak pukul 19.00 sampai pukul 01.00. Berupa malam refleksi hingga pementasan musik di kawasan Kayutangan Heritage. Lalu Corteo atau konvoi jalan kaki menuju Tugu Malang dan Patung Singa depan Stasiun Malang.

"Forkopimda ikut corteo menuju Tugu Malang yang akan disiapkan 35 tumpeng sekaligus refleksi bersama," ucap Darmaji.

Esok harinya, pada 11 Agustus para Aremania akan ikut apel kebangsaan bersama TNI dan Polri di Lapangan Rampal. Setelah itu, Aremania bersama Forkopimda akan menuju Stadion Kanjuruhan, dengan salah satu acaranya berupa peresmian patung singa bermahkota.

“Termasuk napak tilas ke makam para tokoh pendiri dan pejuang Arema,” ujar Darmaji.

Di Lapangan Rampal juga akan digelar bazar UMKM yang menjual segala pernak-pernik Arema FC selama 11-17 Agustus 2022. Kegiatan itu sekaligus dalam satu rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia.

“Detil susunan acara akan kami sampaikan ke masyarakat secepatnya,” ucap Darmaji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rekayasa Lalu Lintas

Aremania, Piala Presiden 2022
Perbesar
Joko Wicaksono (tengah menggacungkan jempol), Aremania yang ikut berjalan kaki dari Stadion Kanjuruhan menuju kantor manajemen Arema FC sebagai bentuk nazar setelah Singo Edan menjadi juara Piala Presiden 2022. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Kepolisian dan TNI bakal terlibat pengamanan seluruh rangkaian kegiatan sedari awal sampai akhir. Termasuk pengalihan arus lalu lintas di Jalan Basuki Rahmat atau Kayutangan pada 10 Agustus 2022 sejak pukul 19.00 sampai dini hari.

Kepala Polresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, mengatakan untuk pengalihan arus lalu lintas akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan. Agar segera diinformasikan ke masyarakat titik – titiknya.

“Jadi mohon maaf ke masyarakat dan pengguna jalan. Pengalihan arus akan kami sampaikan sejak jauh hari dan agar tetap nyaman di jalan,” ujar Buher, sapaan Budi Hermanto.

Pengamanan dan penyelenggaraan kegiatan juga melibatkan seluruh Forkopimda se-Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang). Buher percaya Aremania bisa tertib selama ikut seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-35 Arema.

“Kami tahu Aremania selama ini sudah tertib dan akan seterusnya bisa begitu,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Malang hingga instasi perbankan diimbau mengenakan atribut Arema selama 10-12 Agustus 2022.

“Itu berlaku untuk semua ASN, bahkan termasuk guru sekolah. Nanti akan ada surat edaran,” ujarnya.

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Perbesar
Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya