BPBD Banyuwangi Siapkan Masker Antisipasi Paparan Abu Vulkanik Gunung Raung

Oleh Hermawan Arifianto pada 28 Jul 2022, 20:06 WIB
Diperbarui 28 Jul 2022, 20:06 WIB
Penampakan Gunung Raung pasca erupsi Kamis Siang (28/7/2022) dari Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung (Istimewa)
Perbesar
Penampakan Gunung Raung pasca erupsi Kamis Siang (28/7/2022) dari Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyiapkan langkah antisipatif jika erupsi Gunung Raung mengarah ke Banyuwangi.

"Antisipasi sementara, pembagian masker apabila abu mengarah ke Banyuwangi," kata Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli, Kamis (28/7/2022).

BPBD Banyuwangi masih menunggu perkembangan situasi untuk menentukan pengambilan kebihakan terkait erupsi Gunung Raung ini.

"Sementara memantau informasi perkembangan aktivitas Gunung Raung," ujar Ilzam.

Sebab sebelumnya Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) menyampaikan jika arah angin abu vulkanik mengarah ke barat dan barat daya menuju Kabupaten Bondowoso dan Jember.

Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) PPGA Raung telah mengumumkan kabar terbaru terkait kondisi Gunung Raung.

Berdasarkan periode pengamatan pada Rabu (27/7/2022) pukul 00.00 - 24.00 Wib, kondisi cuaca berawan dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah utara dan selatan. Suhu udara 18-30 Celcius. Sedangkan visual gunung setinggi 3332 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut terlihat jelas.

"Pagi ini asap kawah Gunung Raung tidak teramati," ujar Petugas Pos PGA Raung, Burhan Alethea, pada Kamis (28/7/2022).

Diketahui, Gunung Raung kembali erupsi, pada Rabu (27/7/2022) petang kemarin.

Gunung itu mengeluarkan abu vulkanik berwarna cokelat kelabu setinggi 1.500 meter dari atas puncak pada kurun waktu pukul 17.19 - 17.28 Wib.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bandara Banyuwangi Masih Normal

Gunung Raung yang erupsi belum berdampak pada aktivitas penerbangan di Bandara Banyuwangi. Hingga Kamis (28/7/2022) pagi, aktifitas bandara tetap berjalan normal seperti biasa.

“Aktivitas penerbangan di Bandara Banyuwangi, sampai saat ini masih berjalan normal dan tidak ada ganguan debu vulkanik,” ujar Exekutif General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Banyuwangi Indra Gunawan, Kamis.

Kata Indra, petugas Bandara telah melakukan pengecekan landasan pacu bandara untuk mengetahui apakah terpapar abu vulkanik atau tidak. Hasilnya landasan pacu bandara dinyatakan bersih dari paparan abu vulkanik Gunung Raung.

“Alhamdulillah runway atau landasan pacu bandara setelah dilakukan pengecekan tadi pagi bersih dari paparan abu vulkanik. Sehingga bisa digunakan untuk aktivitas penerbangan seperti biasa. Rencanaya nanti sore juga akan kita lakukan pengecekan ulang,”Tambah Indra

Infografis Erupsi Gunung Merapi, Semeru, Sinabung
Perbesar
Infografis Erupsi Gunung Merapi, Semeru, Sinabung (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya