Cak Thoriq Luncurkan Gerbas Tani untuk Sejahterakan Petani Lumajang, Seperti Apa?

Oleh Hermawan Arifianto pada 25 Jul 2022, 10:10 WIB
Diperbarui 25 Jul 2022, 10:10 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (lumajangkab.go.id)
Perbesar
Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (lumajangkab.go.id)

Liputan6.com, Lumajang Bupati Lumajang Thoriqul Haq meluncurkan gerakan belanja sayuran di lahan petani atau Gerbas Tani di Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang.

Gerbas Tanimerupakan salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan begitu, petani dapat berinteraksi langsung dengan pembeli, sekaligus menjadikan pembelajaran bagi petani dalam beragribisnis dan menjadikan desa agrowisata.

Gerbas Tani merupakan ide yang menarik dan cemerlang, karena gerakan tersebut orisinil inovasi dari Desa Kedungrejo.

"Gerbas Tani ini mereknya Desa Kedungrejo, dari waktu ke waktu harusnya menjadi kegiatan yang semakin hari semakin baik, mulai dari bagaimana menata/mengelola petani, sampai mekanisme jual-belinya masyarakat kepada petani yang ada di Gerbas Tani," ujarnya, Minggu (24/7/2022).

Menurutnya, gerakan tersebut harus lebih dikuatkan lagi untuk varian dari sayur yang ditanam, sekaligus juga mengatur pengunjung supaya bukan hanya sekedar belanja sayuran saja, namun ada pilihan untuk bisa belanja di stand-stand UKM yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Inovasi

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Tengah) luncurkan GERBAS TANI untuk sejahterakan petani (Istimewa)
Perbesar
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Tengah) luncurkan GERBAS TANI untuk sejahterakan petani (Istimewa)

Oleh karena itu, Cak Thoriq, panggilan akrabnya, berpesan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang untuk memfasilitasi kegiatan tersebut, sehingga ke depannya bisa menjadi agenda rutin.

"Ini unik dan betul-betul inovasinya hadir dari masyarakat Desa Kedungrejo. Kalau ini terus menjadi merek dan identitasnya Desa Kedungrejo, ini akan bisa menjadi kegiatan yang bernilai tambah, tidak hanya sekedar petani dan pembelinya, tetapi masyarakat di sekitarnya," pungkasnya.

 

Infografis Petani Kendeng
Perbesar
Perlawanan Satu Dekade Petani Kendeng (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya