Warga Apresiasi Gebrakan Bupati Hendy, Digitalisasi Layanan di Jember Makin Oke

Oleh Liputan6.com pada 22 Jul 2022, 20:54 WIB
Diperbarui 22 Jul 2022, 21:09 WIB
Bupati Jember Hendy Siswanto (tengah) saat meresmikan layanan digital untuk warga. (Ist)
Perbesar
Bupati Jember Hendy Siswanto (tengah) saat meresmikan layanan digital untuk warga. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Warga menyambut gembira berbagai terobosan Bupati Jember Hendy Siswanto, terutama dalam hal pelayanan pada masyarakat.

"Perkembangan di Jember di bawah kepemimpinan Pak Hendy semakin baik. Infrastruktur misalnya, jalan-jalan di Jember sudah rata, bagus, tak ada lagi jalan yang rusak, pokoknya keren lah, "ujar seorang mahasiswa bernama Puguh, ditulis Jumat (22/7/2022).

Seorang mahasiswi perguruan tinggi di Jember bernama Cahya mengaku kepemimpinan bupati sekarang ini sudah semakin lebih baik. Cahya mengambil contoh dalam hal pendidikan. Di bawah Hendy Siswanto, pendidikan semakin merata yang bisa terjangkau oleh lapisan masyarakat.

Cahya berharap, Jember bisa semakin dikenal luas sebagai kota yang maju oleh masyarakat Indonesia.

Kemajuan pembangunan Jember juga mencakup sistem digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya saja pembayaran seluruh jenis pajak daerah, sudah online melalui  J-Mbako atau Jember Mbayar Pajak Online.

Hendy Siswanto mengatakan, aplikasi J-Mbako adalah inovasi yang bertujuan untuk mempermudah para wajib pajak dalam membayar kewajibannya, serta memberikan pilihan yang lebih beragam.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Jember tidak ketinggalan melakukan inovasi digitalisasi, yaitu sosialisasi penggunaan aplikasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) kepada para operator Dispendukcapil setiap Kecamatan. Melalui SIAK, pencatatan kependudukan langsung tersentral ke pemerintah pusat.

Hendy Siswanto menambahkan, aplikasi SIAK Jember, dapat membangun suatu problem solving. "Kita harapkan pelayanan adminduk bisa tuntas di kecamatan, bahkan di desa atau kelurahan,"ujarnya.

 

 

Tak hanya itu, Jember pun sudah memiliki aplikasi Jember Membangun Melalui Keluarga disingkat J- Bangga dan diresmikan bertepatan pada Hari Keluarga Nasional, baru-baru ini. Aplikasi ini berada dibawah Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga (DP3AKB).

Ada 3 jenis pelayanan utama dalam aplikasi J-Bangga, yaitu J-Perempuan Berdaya, J-Keluarga Berkualitas serta J-Anak Terlindungi.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Sikeren dan J-Kopi

 

Jember juga punya aplikasi SiKeren dan J-Kopi yang merupakan inovasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember.

Aplikasi SiKeren merupakan Sistem Informasi Kepegawaian dan Kinerja ASN Jember untuk seluruh kegiatan ASN di lingkup Pemkab Jember, sekaligus memonitor pekerjaan ASN agar lebih jelas dan transparansi.

Aplikasi ini terintegrasi dari data Simpeg BKPSDM serta data Dapodik, berbasis website yang bertujuan untuk memonitoring aktivitas yang dilakukan oleh ASN sebagai approval kinerja dari Kepala OPD terkait, memiliki pengaruhnya terhadap kehadiran serta TPP setiap ASN.

Sementara itu, J-Kopi kepanjangan dari Jember Kota Pintar adalah induk dari segala aplikasi yang ada di seluruh OPD di Kabupaten Jember.

Di dalam aplikasi J-Kopi terdapat seluruh pelayanan pemerintah baik di bawah struktural Pemkab Jember maupun instansi pemerintah lainnya di wilayah Kabupaten Jember.

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya