Ingin Mencerahkan Kulit Wajah Tanpa Kemerahan, Cara Ini Bisa Jadi Solusi

Oleh Liputan6.com pada 26 Agu 2022, 04:20 WIB
Diperbarui 26 Agu 2022, 13:31 WIB
Paparan sinar matahari bisa  mengakibatkan flek hitam pada wajah. (Istimewa)
Perbesar
Paparan sinar matahari bisa mengakibatkan flek hitam pada wajah. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Sinar matahari atau ultraviolet dikenala sebagai musuh utama bagi kesehatan kulit wajah. Paparan sinar matahari ini mengakibatkan produksi melanin pada kulit wajah meningkat sehingga memicu timbulnya flek hitam.

Tak hanya itu, faktor hormonal juga menjadi pencetus timbulnya flek hitam, terutama pada kaum wanita. Hormon estrogen yang dimiliki wanita mempengaruhi pembentukan enzim tirosinase. Enzim ini mengatur frekuensi dan jumlah melanin yang dikeluarkan dan muncul ke permukaan kulit.

Masalah lain pada kulit wajah adalah jerawat atau kulit kemerahan. Munculnya jerawat atau kulit kemerahan menandakan adanya peradangan pada permukaan kulit. Pencetusnya cukup bervariasi, mulai dari paparan sinar matahari, air panas saat mandi, makanan atau minuman bersuhu panas, makanan yang pedas, minum minuman beralkohol, merokok, hingga asap atau udara kotor.

Saat kulit memerah, artinya terjadi peradangan yang meningkatkan aktivitas bakteri atau kuman di permukaan kulit wajah. Aktivitas kuman tersebut bisa memicu terjadinya pus atau nanah. Hal itu mengakibatkan aktivitas gen Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) sehingga produksi melanin meningkat dan terjadilah flek hitam.

Lalu bagaimana solusinya, Riset Ahli Dermatologi Shazia Zubair bersama tim dari Nishtar Medical College membuktikan flek hitam bisa diatasi dengan Liquiritin 4% yang secara klinis lebih efektif secara signifikan daripada Hydroquinone 4% dalam penanganan flek hitam Melasma.

Liquiritin 4% juga diketahui memiliki efek anti-inflamasi atau peradangan dan mengurangi kemerahan akibat sinar ultraviolet yang sekaligus dapat membantu dalam penanganan jerawat, rosacea, dan photoaging.

Dokter Firman Zulkifli Amin, Direktur dan Co-Founder PT MFK Baraka Corpora menghadirkan Liquir®️ Cream. Krim ini memiliki perlindungan paten sebagai produk eksklusif satu-satunya yang mengandung Glycyrrhiza Glabra setara Liquiritin 4%.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Membantu Penanganan Bekas Jerawat

“Glycyrrhiza glabra setara Liquiritin 4% kuat dalam meringankan hiperpigmentasi dan mengurangi peradangan tanpa menyebabkan efek kemerahan atau iritasi," ujarnya.

Dengan demikian, glycyrrhiza glabra setara Liquiritin 4% dapat bermanfaat untuk membantu juga dalam penanganan bekas jerawat seperti bekas gelap Post-inflammatory Hyperpigmentation (PIH) dan bekas kemerahan Post-inflammatory Erythema (PIE).

Hadirnya Liquir®️ Cream dipicu masalah flek hitam atau jerawat sampai saat ini belum mendapatkan efek perawatan yang optimal. Kebutuhan skincare untuk pencerah kulit sendiri begitu tinggi terutama bagi kaum wanita, namun di satu sisi justru menimbulkan atau memperparah kemerahan atau iritasi.

“Di sinilah Liquir®️ Cream yang mengandung Glycyrrhiza Glabra setara Liquiritin 4% menjadi solusi karena cocok untuk semua jenis kulit. Terlebih Liquiritin 4% terbukti secara klinis lebih efektif secara signifikan daripada Hydroquinone 4% dalam penanganan flek hitam Melasma,” imbuh Firman.

Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya