Sukses

Ribuan Vaksin PMK Mendarat di Trenggalek, Ternak Terpapar Jadi Prioritas

Untuk mendistribusikan vaksin PMK, pemerintah menerjunkan sebanyak sembilan tim vaksinator yang akan disebar di seluruh penjuru.

Liputan6.com, Trenggalek - Dinasi Peternakan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mulai mendistribusikan ribuan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk ternak yang terpapar virus mematikan ini.

Plt Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek, Nur Kholik mengatakan ribuan vaksin PMK itu diprioritaskan untuk ternak yang sudah terpapar wabah PMK.

"Penyaluran kami lakukan bertahap dengan sasaran prioritas untuk ternak warga yang sudah terpapar," kata Nur Kholik di Trenggalek, dilansir dari Antara, Kamis (21/7/2022).

Jika dosis pertama lalu Trenggalek mendapat jatah 5 ribu dosis, untuk dosis dua alokasinya sama. Total vaksin PMK yang didistribusikan dengan demikian ada sebanyak 10 ribuan dosis.

"PMK itu merupakan salah satu virus yang belum ada obatnya saat ini. Jadi upaya yang paling efektif dilakukan saat ini adalah pemberian vaksin untuk menciptakan antibodi pada hewan ternak,” ujarnya.

Untuk mendistribusikan vaksin PMK, pemerintah menerjunkan sebanyak sembilan tim vaksinator yang akan disebar di seluruh penjuru.

Mereka bakal melaksanakan vaksinasi kepada hewan ternak warga yang terpapar PMK dengan prioritas vaksinasi untuk sapi perah sebab di Trenggalek banyak sentra sapi perah sehingga adanya vaksinasi diharapkan tidak mengganggu produksi susu.

"Sapi perah dulu, kemudian sapi potong, bertahap," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.946 Hewan Terpapar

Untuk diketahui, hingga Selasa (19/7) jumlah hewan ternak yang terpapar PMK di 14 kecamatan dilaporkan sebanyak 1.946 ekor.

Sebanyak 314 dilaporkan sembuh, sementara sebanyak 57 ekor dilakukan potong paksa.

Selain vaksinasi upaya yang dilakukan untuk memutus rantai PMK adalah dengan pemeriksaan atau "chek point" di pintu-pintu masuk ke Trenggalek hingga sosialisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.