Sukses

Jurus Cak Thoriq Raih Nirwasita Tantra 4 Kali Beruntun

Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 tersebut merupakan penghargaan keempat yang diperoleh Cak Thoriq sejak Tahun 2018 lalu.

Liputan6.com, Lumajang Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau Cak Thoriq kembali meraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021. Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Nirwasita Tantra adalah penghargaan yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 tersebut merupakan penghargaan keempat yang diperoleh Cak Thoriq sejak Tahun 2018 lalu.

Cak Thoriq mengungkapkan, dirinya berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Dia menyampaikan, komitmennya untuk menjaga kelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Menurutnya, saat ini yang diperlukan adalah sebuah kolaborasi antara pemerintah, komunitas dan masyarakat sekitar.

Cak Thoriq mencontohkan pengelolaan lingkungan berbasis kehutanan sosial seperti yang telah dilakukan di Siti Sundari dan Bumi Perkemahan Glagah Arum Senduro. Dalam konsep kehutanan sosial, masyarakat turut dilibatkan dalam program pemberdayaan, sehingga masyarakat turut mendapatkan nilai manfaat dan nilai ekonomi.

"Kalau masyarakat itu tidak ada sentuhan ide pemikirannya dilibatkan, ya akan begitu saja. Yang kita lakukan hari ini kolaborasi dengan masyarakat, memberikan efek okonomi kepada masyarakat melalui kehutanan sosial, masyarakat akan care dengan hutan," ungkap Kamis (21/7/2022).

Selain itu, pemerintah juga berkebijakan untuk mengakomodir setiap harapan masyarakat sekitar hutan agar kebutuhan setiap hari terpenuhi.

"Memberikan respons untuk kegelisahaan masyarakat dengan cara inovatif untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar, kebutuhan ekonomi juga terpenuhi," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepedulian Lingkungan

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengapresiasi para pempimpin daerah dan para pejuang lingkungan yang telah berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui peran masing-masing.

Menurutnya, penerima Nirwasita Tantra maupun Kalpataru sudah terbukti memiliki kepedulian terhadap lingkungan yang upayanya tersebut berpengaruh positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

"Pada mereka yang terbukti memiliki kepedulian, komitmen, prakarsa, inovasi motivasi dan kreatifitas untuk menjaga lingkungan secara berkelanjutan sehingga berdampak positif," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa penghargaan tersebut merupakan upaya untuk memotivasi agar upaya pelestarian lingkungan dilakukan secara berkelanjutan.

"Penghargaan yang diberikan merupakan langkah awal untuk memotivasi dan merupakan amanah bagi para penerimanya untuk tetap menjaga kelestarian alam di bumi ini," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.