Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Banyuwangi Masifkan Vaksinasi Booster

Oleh Hermawan Arifianto pada 21 Jul 2022, 19:06 WIB
Diperbarui 21 Jul 2022, 19:06 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (tengah) melihat ruang isolasi RSUD Blambangan beberapa waktu lalu (Istimewa)
Perbesar
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (tengah) melihat ruang isolasi RSUD Blambangan beberapa waktu lalu. (Istimewa).

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, meningkatkan cakupan vaksinasi dosis ketiga atau booster seiring maningkatnya kasus Covid-19 secara nasional.

"Covid-19 belum usai. Di banyak negara kasusnya naik turun. Di Indonesia saat ini mulai mengalami peningkatan. Ini harus menjadi perhatian kita bersama," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, di Banyuwangi, Rabu (20/7/2022).

Karena itu, Ipuk mengintruksikan agar vaksinasi dimasifkan kembali.  Bupati perempuan tersebut meminta agar menggalakkan vaksinasi booster di tempat-tempat publik.

"Arahan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) untuk memasuki fasilitas publik harus sudah vaksinasi booster. Optimalkan aplikasi PeduliLindungi. Karena itu, masifkan kembali vaksinasi di tempat-tempat umum. Bisa mal, terminal, atau pusat aktivitas publik lainnya," kata Ipuk.

"Dengan demikian ketika ada warga yang ketahuan belum vaksinasi booster, bisa langsung vaksin di tempat. Selain itu saya minta harus ada upaya-upaya cepat dan inovasi layanan agar masyarakat mau divaksin. Kolaborasi. Jangan ada kata mengeluh terkait sulitnya masyarakat untuk diajak vaksin" tambah Ipuk.

Ipuk juga mengevaluasi terutama kecamatan-kecamatan yang tingkat vaksinasi boosternya masih rendah di antaranya Kalibaru, Songgon, Siliragung, Wongsorejo, Bangorejo, dan kecamatan lainnya.

"Ujung tombaknya adalah kecamatan dan puskesmas. Satgas covid akan bergerak lagi. Dinas-dinas juga akan membantu," kata Bupati Banyuwangi.

"Mari semua bergerak jangan tunggu kasus meningkat. Tingkatkan lagi vaksinasinya. Camat silakan koordinasi dengan pihak desa dan relawan untuk melakukan jemput bola," pinta Ipuk. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kasus Covid-19 Meningkat

Selain secara nasional angka harian Covid-19 yang mulai meningkat, angka harian Covid-19 di Banyuwangi, juga terus meningkat. Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur, pada awal bulan Juli lalu, jumlah pasien Covid-19 di Banyuwangi mencapai 8 orang, dari sebelumnya hanya satu orang pasien postif Covid-19.

Namun pada pertengahan Juli ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten ujung Timur Pulau Jawa ini terus meningkat. Per tanggal 19 Juli kemarin jumlah pasien positif Covid-19 bertambah menjadi 11 orang.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Amir Hidayat, saat ini sudah ada Surat Edaran dari Satgas Covid Nasional, per 18 Juli, telah diberlakukan persyaratan perjalanan dengan vaksin booster. Seperti mereka yang hendak melakukan perjalanan melalui kapal, kereta api, dan pesawat wajib telah booster. 

Amir mengatakan pendataan by name by address sudah disiapkan. Relawan akan membantu mengarahkan pada fasisilitas kesehatan terdekat. "Kami juga bekerja sama dengan kantor kesehatan pelabuhan membuka gerai vaksinasi," kata Amir.

"Relawan juga siap. Nantinya tidak hanya membantu proses vaksinasi tapi juga membantu memobilisasi sasaran vaksin booster," tambah Amir.

 

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya