Tak Kalah dari Aslinya, Jangan Lupa Jajal Pempek Chandra Saat ke Banyuwangi

Oleh Hermawan Arifianto pada 20 Jul 2022, 05:04 WIB
Diperbarui 20 Jul 2022, 05:04 WIB
Pempek Chandra Banyuwangi (Istimewa)
Perbesar
Pempek Chandra Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi Bagi kalian yang doyan jajanan kaki lima Nusantara, Banyuwangi adalah surganya. Seperti makanan khas Palembang yakni Pempek, di Banyuwangi juga tersedia lho.

Ya, seperti Pempek Chandra yang buka di sekitar kawasan Stadion Maron Genteng Banyuwangi. Pempek itu ditempat itu wajib kalian coba.

Pemilik Lapak Pempek Chandra, Reza Chandra mengatakan usaha yang dijalani sejak sekitar delapan bulan lalu dilakukan bersama sang bunda setelah pulang dari Palembang.

"Untuk menjamin keaslian rasa gula dan sebagian bahan langsung kami datangkan dari Palembang sehingga menyajikan taste yang berbeda dengan pempek yang dijual pelaku kuliner lain di wilayah Banyuwangi," kata Reza, Selasa (19/7/2022).

Penghobi bola basket itu menuturkan untuk melayani pelanggan dan warga masyarakat penyuka pempek, bersama ibunda dia biasa membuka usaha di pinggir jalan raya ke arah Sempu tepatnya di sebelah selatan kawasan Stadion Maron Genteng mulai  pukul 09.00 pagi sampai sore.

Namun tidak jarang sekitar jam 14.00 daganganya sudah habis karena banyaknya pelanggan yang menikmati sajian pempeknya. Apalagi kalau akhir pekan, banyak warga dari wilayah kota Banyuwangi yang mendatangi lapaknya.

"Ada satu warga asli Palembang yang tinggal di kota Banyuwangi kebetulan anaknya ikut latihan panahan di Stadion Maron rutin membeli pempek di sini. Bahkan dia menyarankan untuk membuka cabang di kota Banyuwangi," ujarnya.

Pria yang lebih dari sepuluh tahun tinggal di Palembang itu menambahkan bagi masyarakat yang ingin mencicipi Pempek Chandra menawarkan pilihan harga satuan dan harga paket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hara Mulai Rp 3 Ribu

Empek-empek Palembang yang tersedia di warung chandra Banyuwangi (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Perbesar
Empek-empek Palembang yang tersedia di warung chandra Banyuwangi (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Menu Pempek Chandra antara lain; pempek lenjer, pempek telur pempek aga’an dan pempek kulit rata-rata harganya Rp. 3 ribu. Sedangkan Tekwan Rp. 10 ribu dan Pempek Kapal Selam harganya Rp. 15 ribu per bijinya.

Dia menambahkan Paket Pempek Chandra yang ditawarkan kepada pecinta kuliner adalah Paket A, B, C dan paket D dengan harga mulai dari Rp. 15 ribu / 5 Pcs sampai dengan Rp. 50 ribu untuk 20 Pcs.

"Sedangkan untuk minuman kami menyiapkan air mineral dan Es Kacang Merah denga n harga Rp. 10 ribu," pungkas Reza.

Mengutip dari berbagai sumber Pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam.

Pempek adalah salah satu makanan tradisional asal Palembang provinsi Sumatera Selatan.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu dan ikan karena di Bangka masyarakatnya mayoritas nelayan dan merupakan provinsi tetangga dari Palembang, oleh karena itu pempek mudah ditemui di kepulauan Bangka Belitung.

 

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Perbesar
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya