Sukses

Cegah Abrasi, 10 Ribu Cemara dan Mangrove Ditanam di Pantai Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi terus melakukan upaya konservasi lingkungan. Salah satunya, mencegah abrasi yang terus meluas, Forkopimda dan stakeholder terkait terus menggelar penanaman mangrove dan pohon cemara di sepanjang pantai Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi terus melakukan upaya konservasi lingkungan. Salah satunya, mencegah abrasi yang terus meluas, Forkopimda dan stakeholder terkait terus menggelar penanaman mangrove dan pohon cemara di sepanjang pantai Banyuwangi.

Salah satunya adalah penanaman 10 ribu pohon mangrove dan cemara di kawasan pantai Cemara, Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kamis (14/7/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemkab, Kodim 0825 dan Pelindo Banyuwangi dan diikuti oleh siswa, mahasiswa dan pramuka.

Dalam kesempatan itu, sejumlah perwakilan pelajar serta mahasiswa juga turut menanam pohon untuk konservasi kawasan tersebut

“Jika sudah tumbuh besar nanti, pohon-pohon ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan kita semua,” kata Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Kav Eko Julianto Ramadan.

Dia menjelaskan, salah satu alasan pantai Cemara dipilih sebagai tempat penanaman dua jenis pohon tersebut karena di tempat ini terdapat Pokmaswas dan Pokdarwis.

Dengan adanya Pokdarwis dan Pokmaswas, diharapkan mereka akan merawat pohon mangrove dan cemara udang yang ditanam. Sehingga potensi hidup mangrove dan cemara udang yang ditanam akan lebih besar.

“Percuma kalau kita tanam banyak-banyak tapi yang hidup cuma 10 sampai 20 persen. Karena rata-rata seperti itu, mangrove terutama. Kita pilih pantai cemara ini pendekatannya ke sana, yang melibatkan masyarakat sekitar,” tegasnya.

Selain itu, di Pantai Cemara ini juga memiliki potensi lain yang tidak kalah menjanjikan. Selain hutan cemara dan hutan mangrove, di tempat ini juga menjadi tempat bertelurnya penyu. Pokmaswas setempat juga penangkaran penyu.

“Tadi kita juga melepaskan tukik. Kurang lebih ada 50 tukik yang kita lepasliarkan,” ujarnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai Cemara

Dalam kesempatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Banyuwangi, Dwiyanto menyatakan, Pantai Cemara ini satu-satunya Ruang Terbuka Hijau sekaligus hutan kota yang sudah ditumbuhi pohon cemara dan sebagian mangrove yang berada di kawasan perkotaan.

“Karena itu kita merevitalisasi, melakukan konservasi lingkungan, tidak hanya tanaman tetapi juga salah satunya adalah tukik,” tegasnya.

Ke depan, lanjutnya, Pantai Cemara fokus menjadi wisata edukasi. Di mana siapapun, perguruan tinggi manapun, yang ingin melakukan penelitian arahnya di sini.

"Begitu juga pihak-pihak yang ingin melakukan pelepasliaran tukik bisa langsung datang ke Pantai Cemara," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.