Plt Bupati Probolinggo Berguru ke Sukabumi untuk Kelola Jembatan Kaca Bromo

Oleh Hermawan Arifianto pada 15 Jul 2022, 07:07 WIB
Diperbarui 15 Jul 2022, 07:07 WIB
Plt Bupati Probolinggo. Timbul Prihanjoko meninjau langsung Jembatan Gantung Situ Gunung di Kawasan Taman Nasonal Gunung Gede Pangrango (Istimewa)
Perbesar
Plt Bupati Probolinggo. Timbul Prihanjoko meninjau langsung Jembatan Gantung Situ Gunung di Kawasan Taman Nasonal Gunung Gede Pangrango. (Istimewa).

Liputan6.com, Probolinggo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo studi banding pengelolaan jembatan kaca dengan mengunjungi wisata alam Situ Gunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Desa Gunung Pangrango Sukabumi, Jawa Barat.

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko melihat langsung manajemen dan pengelolaan destinasi wisata jembatan gantung Situ Gunung yang merupakan jembatan gantung terpanjang se-Asia. Harapannya, bisa menjadi referensi dalam pengelolaan jembatan kaca Gunung Bromo.

Timbul mengatakan, Kabupaten Probolinggo memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, khususnya Gunung Bromo. Akhir tahun ini, pembangunan jembatan kaca yang merupakan jembatan kaca pertama di Indonesia ditargetkan selesai.

“Tinggal bagaimana kami mengelolanya sehingga bisa dinikmati masyarakat luas. Kami datang ke sini untuk melihat jembatan gantung Situ Gunung dan ingin mendapatkan ilmu dalam pengelolaan manajemen wisata alam Situ Gunung,” katanya.

Plt Kepala Balai Besar TNGGP Wasjah mengungkapkan Situ Gunung merupakan wisata alam yang memiliki beragam obyek wisata seperti jembatan gantung, tempat camping dan objek wisata lainnya.

"Jembatan gantung Situ Gunung atau Situ Gunung Suspension Bridge merupakan sebuah jembatan gantung yang terbentang cukup panjang di Sukabumi,” ungkapnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Infografis Timbulkan Korban Jiwa hingga Putuskan Jembatan Gladak Perak. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Timbulkan Korban Jiwa hingga Putuskan Jembatan Gladak Perak. (Liputan6.com/Abdillah)

Panjangnya 250 Meter

Jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi  panjangnya mencapai 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter. Jembatan gantung Situ Gunung terbuat dari material baja yang telah lolos uji keamanan dan keselamatan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Pengelolaan wisata alam Situ Gunung ini tidak lepas dari kerja sama dan sinergi bersama antara perusahaan, lembaga serta kelompok tani yang tergabung menjadi mitra dalam pengembangan wisata Situ Gunung,” pungkasnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya