Petani Probolinggo Resah, Bawang Merah 3 Bidang Raib Saat Malam Takbir Idul Adha

Oleh Hermawan Arifianto pada 14 Jul 2022, 00:05 WIB
Diperbarui 14 Jul 2022, 00:05 WIB
Ilustrasi pencurian bawang merah di Probolinggo (Istimewa)
Perbesar
Ilustrasi pencurian bawang merah di Probolinggo (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Pencurian bawang merah terjadi di Desa Karangpranti, Kecamatan Pajarakan, Probolinggo. Tiga bidang bawang merah siap jual milik Husen (45) raib pada Minggu (10/7/2022) dini hari. Dimana pada saat merupakan malam takbir Hari Raya Idul Adha.

“Saat kejadian memang sedang tidak  dijaga, karena pas bersamaan malam  takbir,” ujar Husen Rabu (13/7/2022).

Dia baru mengetahui bawang merah miliknya hilang Ketika keesokan harinya pada saat memberikan obat tanaman. Mendapati tanaman bawang merahnya hilang, Husen memilih mengikhlaskanya.

“Ya mau gimana lagi wong sudah hilang, tapi sisanya masih banyak ini, mudah – mudahan tidak hilang lagi,” harapnya.

Husen mengaku rugi hingga Rp10 juta. Harga bawang merah di pasaran saat ini ada di kisaran Rp50 ribu perkilogram.

“Kalau Kerugian saya taksir mungkin sampai Rp10 jutaan gitu, sekarang kan harga bawang merah lumayan mahal harganya,” katanya.

Menurut Husen, bawang merah miliknya yang dicuri tersebut sudah berumur sekitar 48 hari. Diperkirkan sekitar 15 hari lagi sudah bisa dipanen. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Petani Bawang Merah Resah

Akibat kejadian ini, membuat petani bawang merah lainya di Probolinggo resah. Mereka khawatir nasip yang sama dialaminya. Seperti Ayon, dia akan mencoba untuk mengawasi tanaman bawang merah miliknya semaksimal mungkin. Sebab bawang merah tersebut biaya perawatnya lumayan mahal.

“Khawatir juga akibat kejadian ini. Karena pasti kerugianya cukup besar, melihat biaya perawatanya cukup mahal. Kejadian ini memang sudah beberapa kali terjadi di Probolinggo jadi memang perlu kewaspadaan,”kata Ayon.

Kapolsek Pajarakan Iptu Eko Purwadi mengaku masih belum  menerima laporan adanya pencurian bawang merah tersebut. Dia meminta warga s egera melaporkan kejadian tersebut.

“Belum ada laporan sampai saat ini terkait pencurian barang merah itu. Masyarakat silakan lapor jika memang meresahkan, akan kita tindak lanjuti,” tegasnya.

 

 

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya