Sukses

Pemeliharaan Tuntas, Suplai Listrik Paiton ke Bali Kian Andal

Liputan6.com, Surabaya - General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) Didik F Dakhlan mengungkapkan, pihaknya berhasil menyelesaikan pekerjaan jalur utama (Backbone) penyaluran listrik dari Paiton menuju Pulau Bali dalam rangka persiapan menyambut KTT G20 akhir tahun ini.

"Pada 2 hingga 3 Juli kemarin, kami melanjutkan pekerjaan pemiliharaan Gardu Induk (GI) dan Jalur Transmisi dari Paiton, Situbondo, Banyuwangi, hingga Gilimanuk," ujarnya, Selasa (5/7/2022).

Didik mengatakan, sejumlah 226 tower dengan total panjang jaringan 82,6 kms serta empat GI, PLN selesai mengerjakan dalam kurun waktu tiga hari dua malam.

“Kemarin tim kembali melanjutkan pekerjaan yang sebelumnya masih belum selesai (clear). Dengan berakhirnya pekerjaan kemarin, kini jalur backbone ke Bali bisa lebih andal. Kami pun kemarin juga melakukan pemeliharaan pada IBT #1 Paiton," ucapnya.

Didik menyebutkankan, setelah jalur backbone telah selesai dilakukan pemeliharaan, PLN UIT JBM akan melanjutkan di daerah Bondowoso, Jember, Lumajang, dll.

“Rangkaian persiapan dalam meningkatkan keandalan kelistrikan jelang G20 masih terus kami lakukan. Masih terdapat beberapa pekerjaan di Jawa Timur dan juga Bali untuk mencegah terjadinya gangguan," ujarnya.

Dalam waktu bersamaan, kata Didik, PLN juga melakukan pekerjaan di sisi Bali lebih tepatnya pada Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi (SKLT) 150 kV jalur 3 dan 4 GI Gilimanuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerahkan 50 Personel

"Kami mengerahkan 50 personel dalam pekerjaan kemarin, PLN melakukan penggantian sejumlah 41 isolator string yang mengalami korosi di Bali," ucapnya.

Senior Manager Pemeliharaan Transmisi, Ika Sudarmaja menambahkan, beberapa pekerjaan untuk menjaga suplai listrik ke Bali sudah selesai kami kerjakan, namun rencananya akan dilanjutkan pekerjaan lainnya pada bulan Agustus nanti.

"Untuk pekerjaan kemarin, sistem kembali normal baik dari Jaringan dan GI tepat pukul 16.26 WIB," ujar Ika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.