Pembersihan Material Longsor Tuntas, Jalur Erek-Erek Wisata Ijen Hanya Bisa Dilalui Satu Mobil

Oleh Hermawan Arifianto pada 04 Jul 2022, 19:10 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 19:10 WIB
Pengerjaan mpembersihan material longsor di kawasan erek-erek Gunung Ijen (Istimewa)
Perbesar
Pengerjaan mpembersihan material longsor di kawasan erek-erek Gunung Ijen (Istimewa)

 

Liputan6.com, Banyuwangi - Plt Kalaksa Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Ilzam Nuzuli mengatakan, pihaknya berhasil menyingkirkan material kayu dan lumpur di jalur Erek-erek Banyuwangi yang menjadi akses ke Taman Wisata Alam (TWA) Ijen.

"Alhamdulillah hari kelima jalur menuju TWA Ijen bisa dilalui," kata Ilzam, Senin (4/7/2022).

Hingga petang kemarin petugas fokus untuk penyemprotan sisa lumpur yang masih menempel di permukaan aspal. Hal itu guna mengantispasi pengendara yang tergelincir saat melintasi jalur.

"Kita lakukan penyemprotan hingga pukul 21.00 WIB," ujarnya.

Kendati sudah bisa dilalui kendaraan, namun Ilzam menyebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara.

"Untuk sementara hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat. Saat melewati erek-erek diharap bergantian, dikarenakan hanya bisa di lewati satu kendaraan saja. Bunyikan klakson ketika hendak melewati rrek-erek," tegasnya.

Selain itu, jika kondisi cuaca hujan pengendara diharapkan tetap waspada. Dikhawatirkan terjadi longsor susulan atau jalan menjadi licin akibat sisa longsoran yang mengalir.

"Jika terjadi atau melihat longsoran menutup jalan, diharapkan kembali dan melaporkan kepada petugas yang ada di paltuding maupun di pintu masuk Rest Area Jambu," tambahnya.

Hujan di sekitar jalur TWA Kawah Ijen membuat longsor susulan terjadi. Proses evakuasi tanah longsor di erek-erek Ijen pun diperpanjang. Material longsor setinggi 3 meter pun kembali memenuhi jalan menuju destinasi wisata unggulan di Banyuwangi ini.

Hujan dengan intensitas sedang hingga ringan turun mulai pukul 10.00 WIB, Jumat (1/7/2022). Longsor pun kembali terjadi sekitar pukul 12.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

Hingga akhirnya, demi keamanan para personel proses evakuasi material longsor dihentikan untuk sementara.


Kerahkan Alat Berat

Sebelumnya, jalur menuju Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen Banyuwangi tertutup reruntuhan longsor. Hingga kini, penanganan longsor terus dilakukan.

Longsor terjadi di jalur menuju Kawah Ijen tepatnya di Erek-Erek, akibat hujan dengan intensitas yang tinggi pada, Senin (27/6/2022). Material longsor seperti lumpur dan kayu, menutupi jalur menuju Kawah Ijen sepanjang 30 meter dengan tinggi empat hingga enam meter.

Pembersihan dilakukan menggunakan tiga alat berat. Kontur jalan Erek-Erek yang menanjak dan curam, cukup menyulitkan pembersihan. Relawan BPBD dan Tagana dibantu masyarakat, TNI dan Polri turut membersihkan material longsor.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya