Sukses

Kloter Terakhir Berangkat, Embarkasi Surabaya Tuntas Berangkatkan 16.835 Calon Haji

Berdasarkan data PPIH Embarkasi Surabaya, secara rinci jamaah calon haji yang telah diberangkatkan meliputi sebanyak 7.708 orang pria, lalu 8.977 orang wanita, serta 150 orang petugas.

Liputan6.com, Surabaya - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mencatat sebanyak 16.835 orang calon haji diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya ke Tanah Suci tahun ini.

"Data tercatat hingga pemberangkatan kelompok terbang 38 yang merupakan kloter terakhir malam ini," ujar Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris, dilansir Antara, Senin (4/7/2022).

Berdasarkan data PPIH Embarkasi Surabaya, secara rinci jamaah calon haji yang telah diberangkatkan meliputi sebanyak 7.708 orang pria, lalu 8.977 orang wanita, serta 150 orang petugas.

Khusus kloter 38, total 251 calon haji asal 23 kabupaten/kota di Jatim terbang melalui JuandaBandara Juandamenggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines (SAA) dengan nomor penerbangan SV 5042 pada pukul 20.15 WIB.

Sebelum ke Jeddah, pesawat terlebih dahulu transit ke Bandara Palembang untuk mengangkut 119 jamaah calon haji asal Kota Palembang, Sumatera Selatan.

"Dengan diterbangkannya kloter 38 maka operasional pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Surabaya telah usai," ucap Haris yang juga Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur tersebut.

Sementara itu, terkait dengan jamaah yang visanya tertolak secara sistem karena kelahiran 30 Juni 1957, pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin agar bisa berangkat.

Namun, kata dia, hingga terakhir ini tetap tidak bisa berangkat sehingga harus menunda keberangkatannya untuk tahun depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyakit Darah Tinggi hingga Pusing

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya Slamet Mulsiswanto menyampaikan terdapat 449 calon haji yang memeriksakan diri ke poliklinik selama masa pemberangkatan. Dari jumlah tersebut, lanjut dia, terdapat lima keluhan penyakit yang mendominasi, yaitu hipertensi, anemia, diabetes, pernafasan serta sakit kepala atau pusing.

Slamet juga mengungkapkan terdapat delapan orang yang tertunda keberangkatannya hingga tahun depan dikarenakan beberapa faktor.

"Alasannya, satu orang karena sakit jantung, satu orang mengalami gangguan mental, tiga orang hamil waktu pemeriksaan di Asrama Haji, satu orang pendamping hamil, satu orang mengundurkan diri, dan seorang lagi vaksinasinya kurang dari 10 hari,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.