Sukses

200 Santri di Tuban Dapat Pembinaan Bisnis dari Santripreneur Indonesia

Pendiri dan pembina Santripreneur Indonesia K.H. Ahmad Sugeng Utomo menyebutkan kegiatan itu juga mendukung program pemerintah dalam mewujudkan peningkatan jumlah wirausaha di Indonesia, dari 3 persen menjadi 10 persen.

Liputan6.com, Tuban - Santripreneur Indonesia membina sebanyak 200 santri di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, untuk menjadi pengusaha melalui kegiatan bertajuk “Santri Camp” yang bertujuan mengasah mental wirausaha, dan digelar di Mangrove Center, Tuban, Jawa Timur.

Pendiri dan pembina Santripreneur Indonesia K.H. Ahmad Sugeng Utomo menyebutkan kegiatan itu juga mendukung program pemerintah dalam mewujudkan peningkatan jumlah wirausaha di Indonesia, dari 3 persen menjadi 10 persen.

Gus Ut, panggilan akrabnya, mengatakan, kegiatan itu telah berlangsung sejak 2019 dan fokus pada pelatihan leadership, enterpreneurship dan digital marketing, dan total telah diikuti sebanyak 2.500 santri dari seluruh Indonesia.

“Kami berkomitmen, dalam beberapa tahun mendatang, Santripreneur akan mampu membangun bangsa dan negara melalui kewirausahaan," katanya dilansir dari Antara, Minggu (3/7/2022).

Gus Ut mengatakan secara umun Santripreneur Indonesia mengakomodir para santri dan pemuda di seluruh Indonesia hasil seleksi yang mendaftar di Tuban dan sekitarnya.

"Sosok santri sebenarnya telah memiliki modal yang cukup untuk menjadi pengusaha. Karena santri digembleng di pondok pesantren untuk mempunyai mental dan mindset yang tak beda jauh dari prasyarat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha," katanya.

Santripreneur Camp rata-rata diikuti oleh santri yang sedang belajar atau sudah lulus dari pondok pesantren dengan usia 17 - 27 tahun.

Selain di Tuban, juga telah digelar di Bogor, Salatiga, dan ke depan akan dilaksanakan di sejumlah kota, antara lain Yogyakarta, Sumedang, Malang, Semarang, Medan, Makassar, Mojokerto, Lombok, dan Aceh.

“Kami berharap, santri yang berjumlah jutaan di Indonesia ini nantinya menjadi santri yang produktif, kreatif, dan mampu membuka lapangan usaha bagi dirinya dan orang lain, sehingga mampu menjadi solusi bagi permasalahan ekonomi di Indonesia. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, begitu juga dengan santri pengusaha," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.