Tidar Sidoarjo Minta Prabowo Maju Capres 2024, Gus Fawait: Sangat Rasional

Oleh Liputan6.com pada 30 Jun 2022, 06:06 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 06:13 WIB
Deklarasi Tidar Sidoarjo Mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. (Istimewa).
Perbesar
Deklarasi Tidar Sidoarjo Mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. (Istimewa).

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto belum menyatakan diri secara resmi dan terbuka maju sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024. Namun dukungan dari internal mau pun eksternal partai terus mengalir, terbaru dari Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sidoarjo.

Permintaan kader milenial Gerindra kepada Prabowo untuk bersedia menjadi capres 2024 itu dinilai suatu hal yang wajar dan sangat rasional. Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait atau Gus Fawait. Pihaknya akan meneruskan aspirasi itu ke DPP.

"Saya kira sangat rasional kalau kader dan masyarakat meminta Pak Prabowo maju sebagai capres. Sebab, Gerindra adalah partai pemenang pemilu kedua pada pemilu 2019. Dan Pak Prabowo adalah Ketua Umum sekaligus pendiri Partai Gerindra," tutur politikus muda yang akrab disapa Gus Fawait itu, Rabu (29/6/2022).

Presiden Laskar Sholawat Nusantara ini menambahkan, secara kalkulasi dan rasio politik Prabowo layak maju sebagai capres. Pasalnya, elektabilitas orang nomor satu di Partai Gerindra itu juga tinggi dan tren-nya terus naik.

Menurut Fawait fakta itu bisa dilihat dari berbagai survei, nama Prabowo Subianto tidak pernah keluar dari tiga besar. Bahkan dibeberapa survei elektabilitasnya tertinggi. Sehingga siapapun yang ingin berkoalisi dengan Gerindra, posisi Prabowo capres bukan cawapres. Itu sudah final dan harga mati.

"Kita bicara berdasarkan data, itu pun Pak Prabowo masih diam, belum menyatakan diri maju pada Pilpres 2024. Kalau beliau sudah menyatakan maju, mesin partai akan berputar lebih cepat. Ibarat mobil saat ini masih 100 km per jam, bisa di gas menjadi 200 km per jam," ujar Fawait.

Bendahara DPD Partai Gerindra ini menilai figur Prabowo punya magnet yang kuat. Hal itu bisa dilihat dari kedatangan sejumlah ketua umum partai yang menjalin silaturahmi politik dengan putera begawan ekonomi, Prof Soemitro Djojohadikoesoemo tersebut.


Jaga Etika

Pernyataan Prabowo Subianto dan AHY Usai Gelar Pertemuan
Perbesar
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keterangan usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Jumat (24/6/2022). Pertemuan selama dua jam itu pun belum ada kesepakatan antara Gerindra dan Demokrat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Fawait melanjutkan, meski sudah melakukan komunikasi politik tapi hingga saat ini Prabowo tidak pernah mendeklarasikan diri maju capres. Karena mantan Danjen Kopassus itu orang yang menjaga etika dan amanah sebagai pembantu presiden di kabinet.

"Kami bangga Pak Prabowo masih fokus menjalankan amanah sebagai Menteri Pertahanan. Beliau tak pernah memanfaatkan jabatan untuk kepentingan partai. Hal itu dibuktikan dari hasil survei yang menempatkan Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja terbaik," pungkas kader Ansor ini.

Infografis Capres 2024 dan Sikap Para Parpol. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Capres 2024 dan Sikap Para Parpol. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya