3 Hari Diguyur Hujan, Tebing di Kawasan Erek- Erek Gunung Ijen Longsor

Oleh Hermawan Arifianto pada 27 Jun 2022, 17:44 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 17:49 WIB
Longsoran Tanah menutup total jalan  menuju kawah Ijen (Istimewa)
Perbesar
Longsoran Tanah menutup total jalan menuju kawah Ijen (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Tebing di jalan menuju Gunung Ijen, tepatnya di kawasan erek- erek longsor. Akibatnya akses menuju Taman Wisata Alam Kawah Ijen tutup total.

“Benar saat ini terjadi longsoran tepatnya di kawasan erek- erek, sekitar pukul 15.00 WIB longsoran besar menutup akses jalan menuju Gunung Ijen,” ujar Kepala Pos TWA Kawah Ijen Sigit Hariwibowo Senin (17/6/2022).

Kata Sigit, longsoran kecil terjadi sejak pukul 08.00 wib Senin pagi, dan pada pukul 15.00 WIB longsoran besar terjadi hingga menimbun jalan menuju kawah ijen tetaptnya di kawasan erek- erek.

“Kalau longsoran tanah itu terjadi sejak senin pagi, dan pada senin sore ini longsoran tambah besar menutup total Jalur menuju kawah Ijen,”tambah Sigit.

Longsor terjadi diduga akibat kawasan Gunung ijen hujan selama tiga hari dengan intensitas sedang hingga lebat. Sehingga tebing di kawasan erek- erek tidak mampu menyerap air. Meski demikian tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Longsor akibat hujan di kawasan Gunung Ijen yang terus menerus terjadi selama tiga hari ini,”tambah Sigit

Untuk membuka akses jalan, tim reaksi cepat dari BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi  menuju lokasi longsor untuk membersihkan matrial longsoran dari badan jalan.

“Saat ini, tim dari BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi telah menuju kawasan erek- erek untuk membersihkan longsoran tanah dari badan jalan, agar bisa dilewati Kembali,”papar Sigit

Menurut Sigit, diperkikan membutuhkan beberapa jam untuk membersihkan matreal longsoran tanah dari badan jalan.

”Mudah- mudahan pembersihan matrial longsoran berjalan lancer dan tidak turun hujan lagi. Sebab jika terjadi hujan lagi terpaksa harus ditunda pembersihannya, karena lokasinya cukup berbahaya,” tandas Sigit.

Sigit menghimbau, bagi masyarakat atau wisatawan yang hendak menuju kawah Ijen dari arah Banyuwangi  untuk sementara waktu bisa melalui jalur dari kawasan Bondowoso. Sebab  akibat longsoran tanah ini jalur menuju kawah Ijen dari Banyuwangi tertutup total.

“Kami sarankan bagi wisatawan atau masyarakat yang hendak menuju Gunung Ijen  mencari jalan alternatif yaitu melalui jalur dari Kabupaten Bondowoso. Karena jalur dari Banyuwangi tutup total akibat longsor,”pungkas Sigit.


Pembersihan Longsoran

Kapolsek Licin AKP Daliono mengatakan, Sejumlah personel sudah berusaha melakukan pembersihan matrial longsor bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi.

"Proses pembersihan material longsoran sudah dilakukan, untuk membuka akses jalan,”kata AKP Daliono.

Namun dalam proses pembersihan ini, petugas mengalami sedikit kendala. Karena adanya sejumlah pohon yang berdiameter cukup besar ikut longsor.

"Beruntung, saat terjadinya longsor tidak ada pengendara yang melintas sehingga dalam insiden ini tidak ada korban jiwa. Hanya menutup akses jalan, penghubung ke Kabupaten Bondowoso," jelasnya.

Dalyono menyebut bahwa jalur Gunung Ijen, memang cukup rawan terjadinya longsor. Dikarenakan tekstur tanah yang mudah terjadinya longsor.

"Kita selalu mengimbau kepada masyarakat yang melewati jalur tersebut untuk selalu berhati-hati, terutama saat musim hujan. Dikarenakan memang menjadi daerah rawan terjadinya longsor," imbaunya.

Infografis Cara Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya