Sukses

Ipuk Minta Perbaikan Jalan di Banyuwangi Dikebut, Targetkan 1.000 Titik Tahun Ini

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menginstruksikan kepada dinas terkait untuk mempercepat eksekusi pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan yang direncanakan mencapai 1.000 titik pada tahun ini.

Liputan6.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menginstruksikan kepada dinas terkait untuk mempercepat eksekusi pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan yang direncanakan mencapai 1.000 titik tahun ini.

"Mohon maaf memang soal jalan kita lakukan bertahap. Saya sudah minta ke dinas utuk dipercepat. Kita baru jalan dua bulan terakhir karena ada proses yang harus kita lalui. Hingga saat ini sudah ada 124 titik yang dilaksanakan, sehingga sampai akhir tahun bisa 1.000 titik,”ujar Bupati Ipuk, Senin (27/6/2022)

Kata Ipuk, Perbaikan jalan ini juga sebagai instrumen pemulihan ekonomi, karena  perbaikan jalan skemanya padat karya yang banyak menyerap tenaga kerja

"Seperti jalan di kawasan Kertosari ini, saya mendapat usulan dari warga pas pertemuan minggu lalu, karena itu saya lihat langsung ke sini. Ini kami masukkan di PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) APBD," tambah Ipuk.

Ipuk mengatakan, banyak usulan pembangunan dan perbaikan jalan dari masyarakat. Perbaikan jalan diutamakan yang kondisinya rusak berat. Semua proses diminta Ipuk dipercepat.

"Di antaranya jalan di sepanjang balai Desa Tegalrum, Kecamatan Sempu, juga jalan Desa Sragi- Gendoh, jalan di dusun Yudomulyo Desa Ringintelu, Bangorejo, kita laksanakan tahun ini. Termasuk jalan di Desa Ringinagung, Kecamatan Pesanggaran yang juga akan dikerjakan tahun ini dengan menggunakan beton," imbuhnya.

Pada tahun ini pula juga akan dibangun jalan sepanjang 12 kilometer mulai dari Bandara Banyuwangi hingga Tembokrejo Muncar (Blimbingsari - Bomo, Bomo -Sumber Sewu, Sumber Sewu - Tembok Rejo).

Ipuk menambahkan, sejumlah program pelebaran jalan untuk memperlancar aktivitas masyarakat sekaligus menggerakkan perekonomian juga akan dilakukan di sejumlah titik, di antaranya Kebondalem-Kesilir Krajan, dan Blimbingsari-Patoman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

124 Titip Sudah Digarap

Plt Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Danang Hartanto menambahkan, pada tahun ini terdapat 746 titik pembangunan dan perbaikan jalan aspal. Angka itu belum termasuk jalan paving yang juga akan dibangun.

”Total akan ada 1.000 titik jalan yang dibangun, sesuai instruksi Ibu Bupati. Kami akan bekerja keras mempercepat semua prosesnya sesuai arahan Ibu Bupati," jelas Danang.

Hingga bulan ini, lanjut dia, telah dikerjakan dan mulai pembangunan dan pemeliharaan jalan aspal di 124 titik. 

"Untuk bulan ini bakal ada tambahan hingga menjadi 181 titik yang akan dilakukan pembangunan dan perbaikan," kata Danang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.