57.500 Dosis Vaksin PMK Siap Meluncur ke Peternak di Malang

Oleh Liputan6.com pada 26 Jun 2022, 23:46 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 23:46 WIB
FOTO: Vaskinasi PMK di Pusat Sapi Perah Terbesar Bogor
Perbesar
Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor menunjukkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat melakukan penyuntikan di kandang sapi perah milik warga di Situ Udik, Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/6/2022). Sebanyak 100 ekor sapi perah disuntik vaksin PMK pada hari ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Malang - Kepolisian Resor Malang siap mengamankan distribusi puluhan ribu dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada sejumlah koperasi yang ada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan bahwa saat ini wilayah Kabupaten Malang mendapatkan kurang lebih sebanyak 57.500 dosis vaksin PMK yang telah didistribusikan ke sejumlah koperasi di wilayah itu.

"Satgas PMK Polres Malang selalu melakukan pengawasan wabah PMK dan melakukan antisipasi jelang Idul Adha, termasuk dalam proses distribusi dan pelaksanaan vaksinasi. Saat ini, sudah ada puluhan ribu dosis vaksin yang diterima di wilayah kami," kata Ferli di Kabupaten Malang, dilansir dari Antara, Sabtu (25/6/2022). 

Ferli menjelaskan, vaksin PMK tersebut mulai didistribusikan ke koperasi Kemitraan Greenfields Jabung sebanyak 1.300 dosis, Koperasi SAE Pujon sebanyak 18.000 dosis, dan KAN Jabung sebanyak 12.000 dosis.

Kemudian, Koperasi Maju Mapan sebanyak 900 dosis, Teguh Mandiri Jabung sebanyak 1.100 dosis, KUD Tani Luhur Kasembon sebanyak 2.400 dosis, Sami Mandiri Kasembon sebanyak 2.100 dosis dan KUD Karangploso sebanyak 1.400 dosis.

Selain itu, KUD Sumber makmur Ngantang sebanyak 14.000 dosis, KUD Gondanglegi sebanyak 600 dosis, KPSP Sidodadi Poncokusumo sebanyak 1.300 dosis, CV Amanah Tumpang sebanyak 900 dosis dan UD Sumber Abadi Jabung sebanyak 1.500 dosis.

"Vaksin disimpan di tempat KUD masing -masing," imbuhnya.

Ferli menambahkan, personel Polres Malang akan melakukan pengamanan pelaksanaan penyuntikan vaksin PMK kepada hewan ternak di wilayah tersebut. Tercatat, ada delapan koperasi di wilayah Polres Malang yang akan dilakukan penyuntikan vaksin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 


Dinas Peternakan Jatim

Sudah 8 Ribu Kasus PMK di Ngantang Malang, 500 Dosis Vaksin Didistribusikan
Perbesar
Tim kesehatan hewan menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) ke sapi perah milik peternak di Kecamatan Ngantang, Malang. Sampai dengan Rabu, 22 Juni 2022, di wilayah ini ada lebih dari 8 ribu ekor sapi terjangkit PMK (Foto : KUD Sumber Makmur Ngantang)  

Antara lain, Kemitraan Greenfields Ngajum, KAN Jabung, Kelompok Teguh Mandiri Jabung, KUD Karangploso, KUD Gondanglegi, KPSP Sidodadi Poncokusumo, CV Amanah Tumpang dan UD Sumber Abadi Jabung. Sedangkan koperasi lainnya berada di wilayah hukum Polres Batu.

"Polsek yang wilayahnya akan dilakukan vaksin agar melakukan pengamanan terkait dengan kegiatan vaksinasi dan melaporkan hasilnya," tegasnya.

Ribuan dosis vaksin PMK tersebut diserahkan oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur kepada Satgas Penanganan PMK Kabupaten Malang pada 24 Juni 2022, di Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Surabaya.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya