Sukses

Arek Surabaya Mau Cari Loker Tinggal Akses Aplikasi Assik, Begini Caranya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan bahwa aplikasi Assik juga memudahkan perusahaan memperoleh tenaga kerja.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Surabaya Achmad Zaini mengatakan bahwa aplikasi Arek Suroboyo Siap Kerjo (Assik) memudahkan warga Kota Pahlawan mengakses informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Dia mengatakan bahwa aplikasi yang tersedia di laman resmi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Surabaya tersebut menghubungkan para pencari kerja dengan pemberi kerja.

"Para pencari kerja mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam dunia kerja dengan lebih mudah," kata dia Di Surabaya, dilansir dari Antara, Sabtu (25/6/2022). 

Menurut dia, sejak peluncuran Assik pada Jumat (24/6) sampai sekarang sudah ada 57 perusahaan yang bergabung dan menawarkan 1.436 lowongan pekerjaan melalui aplikasi tersebut.

"Seluruh peluang pekerjaan ini diperuntukkan bagi warga Surabaya, (warga) bisa langsung mendaftar dengan mengisi data diri melalui aplikasi dan memilih lowongan pekerjaan yang tersedia," katanya.

"Hari ini terdaftar sekitar 6.000 pelamar kerja mengikuti program ini," ia menambahkan.

Menurut seorang calon pekerja asal Kecamatan Tambaksari di Kota Surabaya, Reninta, Assik memudahkan pencari pekerja mendaftar kerja.

"Prosesnya sangat mudah, karena semuanya sudah berbasis daring," kata Reninta.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan bahwa aplikasi Assik juga memudahkan perusahaan memperoleh tenaga kerja.

"Ini lebih memudahkan, karena calon pelamar hanya perlu mengisi data melalui aplikasi tersebut. Perusahaan dan industri dunia kerja, bisa melihat langsung data diri dan keterampilan yang dimiliki oleh calon pelamar," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.