Sukses

4 Calon Haji Situbondo Terancam Gagal Terbang ke Tanah Suci Karena Covid-19

Tiga orang calon haji yang positif COVID-19 merupakan warga Kecamatan Asembagus, dan satu orang lainnya warga Kecamatan Panji.

Liputan6.com, Situbondo - Empat orang calon haji asal Situbondo terancam gagal berangkat karena hasil tes usap berbasis PCR dinyatakan positif terpapar virus corona (COVID-19).

Tiga orang calon haji yang positif COVID-19 merupakan warga Kecamatan Asembagus,  dan satu orang lainnya warga Kecamatan Panji.

"Alhamdulillah kondisi ke empat orang calon haji tersebut sehat walafiat meskipun dinyatakan positif COVID-19," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo, Adi Ariyanto, Senin (20/6/2022), dikutip dari Antara.

Adi menjelaskan bahwa keempat orang calon haji tersebut akan kembali dilakukan tes usap PCR. Jika hasilnya negatif, maka akan diikutsertakan kloter berikutnya, itupun jika ada jatah kursi kosong. Jika tidak ada kursi kosong, maka mereka bisa gagal berangkat.

"Batasnya sampai 1 Juli 2022. Jika pada 1 Juli belum dapat jatah kursi, maka dipastikan gagal berangkat. Namun kami akan upayakan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menuju Jeddah

Jemaah  calon haji asal Situbondo yang direncanakan berangkat dengan kloter 24, sebanyak 310 orang. Namun empat orang dinyatakan positif COVID-19, akhirnya yang berangkat malam ini sebanyak 306 JCH.

"Malam ini JCH Situbondo diberangkatkan, karena besok sekitar pukul 09:0 WIB harus masuk ke Asrama Haji Sukolilo, dan keesokannya akan diterbangkan ke Jeddah," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.