Sukses

Wabah PMK Terdeteksi di 16 Kecematan di Tulungagung, 617 Sapi Positif

Upaya pencegahan juga sudah dilakukan dengan menutup sejumlah pasar hewan. Namun, rupanya kebijakan itu tidak sepenuhnya bisa menghalangi aktivitas perdagangan ternak sapi di masyarakat.

Liputan6.com, Tulungagung - Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mengakui penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi telah menyebar hingga 16 dari 19 kecamatan yang ada di daerah setempat.

"Meskipun kami sudah melakukan penindakan berupa penutupan pasar hewan terpadu, tetapi kami juga tidak tahu apakah ada yang mencuri menggunakan jalur lain (jalur tikus)," kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung Tutus Sumaryani di Tulungagung, dilansir dari Antara, Sabtu (17/6/2022).

Pernyataan itu disampaikan Tutus dengan dalih selama ini Tulungagung steril dari wabah PMK.

Upaya pencegahan juga sudah dilakukan dengan menutup sejumlah pasar hewan. Namun, rupanya kebijakan itu tidak sepenuhnya bisa menghalangi aktivitas perdagangan ternak sapi di masyarakat.

Banyak yang mencari celah jalur agar bisa membawa ternak dari luar kota untuk diperjualbelikan di wilayah Tulungagung.

Saat ini, lanjut dia, tercatat ada 617 ekor sapi yang terkonfirmasi mengalami gejala PMK. Dari jumlah itu, sebanyak 233 sudah dinyatakan sembuh, 376 kasus masih aktif, tiga ekor mati, dan lima lainnya dipotong paksa.

Populasi sapi di Tulungagung sebanyak 144 ribu ekor sapi potong dan 25 ribu sapi perah. Sebaran wabah PMK di Tulungagung saat ini meluas, dari semula terdeteksi pada empat kecamatan, kini menyebar hingga 16 kecamatan.

Sapi yang terkena PMK akan mengalami kurang nafsu makan sehingga sapi kekurangan nutrisi dan kembung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.