Sukses

Khofifah Heran Bola Produksi Madiun Bakal Dipakai di Piala Dunia 2022

Menurut ia, melalui ekspor bola tersebut, pihaknya menilai warga Jawa Timur telah menjadi bagian dari resonansi ekonomi dunia.

Liputan6.com, Madiun - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku dirinya baru mengatahui bahwa bola yang digunakan pada gelaran Piala Dunia atau FIFA World Cup tahun 2022 di Qatar mendatang berasal dari Madiun.

"Ternyata bola yang akan digunakan dalam FIFA World Cup tahun 2022 di Qatar adalah dari Madiun dan saat ini yang dikirim antara lain untuk United Kingdom (UK)," kata Khofifah saat melepas ekspor bola buatan PT Global Way di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, dilansir dari Antara, Kamis (16/6/2022).

Bola hasil karya anak bangsa yang diekspor  ke Inggris dan sejumlah negara lain itu sebanyak 50.000. Rencananya, bola-bola itu akan digunakan di pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar.

"Kita bahagia dan bangga bola yang digunakan pada ajang dunia itu di-support dari Madiun Jawa Timur," ujar dia.

Menurut ia, melalui ekspor bola tersebut, pihaknya menilai warga Jawa Timur telah menjadi bagian dari resonansi ekonomi dunia.

"Melalui produksi ini, bola yang akan digunakan untuk ajang olahraga internasional piala dunia di Qatar merupakan buatan tangan warga Kabupaten Madiun," katanya.

General Manager PT Global Way Jeftha Sunardi Wibowo mengatakan pihaknya merupakan produsen bola yang bermitra dengan salah satu brand pabrik olahraga ternama di dunia. Dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar, pabriknya mendapat jatah memproduksi 1 juta bola.

"Produksi kita adalah 100 persen orientasi untuk ekspor. Untuk produksi kita ada dua lokasi, yakni di Indonesia dan juga di China, tapi yang terbesar sekitar 60-70 persen adalah di Madiun ini," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Juta Bola

Jeftha menambahkan, dalam setahun pihaknya mampu memproduksi hingga 4 juta bola. Bola-bola tersebut diekspor ke sejumlah negara, di antaranya Brasil, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Jerman. Khusus untuk piala dunia, akan dikirim ke Inggris sebanyak 1 juta bola.

Sementara, dalam kegiatan tersebut, Gubernur Khofifah yang didampingi Forkopimda Kabupaten Madiun di antaranya Bupati Madiun Ahmad Dawami, Waki Bupati Madiun Hari Wuryanto dan pimpinan PT Global Way memecahkan kendi sebagai tanda pelepasan tiga unit truk kontainer berisi 50.000 bola yang akan dikirim ke Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.