Saat Khofifah Mengagumi Amal Ibadah Eril Semasa Hidupnya

Oleh Liputan6.com pada 13 Jun 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 13 Jun 2022, 06:18 WIB
Khofifah
Perbesar
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melayat almarhum Eril di Gedung Pakuan, Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melayat jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril anak sulung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Saat melayat, Gubernur Khofifah mengaku kagum dengan amalan ibadah yang dilakukan oleh Eril semasa hidupnya, seperti berbagi kepada fakir miskin.

"Justru saya sedang mencari tahu sesungguhnya ada amal ibadah apa yang dilakukan secara istiqomah oleh Ananda Eril," kata Gubernur Khofifah, dilansir dari Antara, Minggu (12/6/2022).

Amalan istiqomah yang dilakukan oleh almarhum Eril, menurut Khofifah, membuah hasil yang kemuliaan tersendiri bagi putra sulung Ridwan Kamil.

"Teman-teman bisa melihat bahwa kemuliaan yang Allah berikan hari ini, pasti ada amal ibadah yang secara istiqomah dilakukan oleh ananda Eril," kata dia.

Khofifah mendengar ada hal-hal yang istimewa yang dilakukan oleh almarhum Eril setiap malam seperti berbagi kepada warga yang kurang beruntung.

Dia menuturkan ketegaran, kesabaran dan keikhlasan yang diperlihatkan oleh kedua orang tua Eril menunjukkan kemuliaan yang luar biasa dalam proses pemulangan jenazah Eril dari Swiss ke Tanah Air.

"Mudah-mudahan kemuliaan yang sudah Allah SWT berikan ini memberikan kekuatan dan ketabahan, keikhlasan bagi keluarga," kata orang nomor satu di Jatim.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 


Disemayamkan di Ruang Kenegaraan

Sejumlah Pejabat dan Warga Iringi Kepulangan Jenazah Eril Menuju Bandung
Perbesar
Sejumlah masyarakat mengiringi kepulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril saat iring-iringan ambulan keluar dari Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (12/6/2022). Ridwan Kamil langsung membawa jenazah Eril menuju Bandung Jawa Barat untuk di makamkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, jenazah Eril disemayamkan di Ruang Kenegaraan Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6) malam. Peti jenazah Eril dikeluarkan dari ambulans dan digotong oleh anggota TNI, pada pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss bersama keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan polisi setempat telah menemukan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz pada Rabu (8/6/2022). Jenazah ditemukan di Bendungan Engehalde Bern pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB. 

"Pada hari ini, saya ingin menyampaikan kabar bahwa kemarin (Rabu) kepolisian kantor Bern bertemu di kantor kami di KBRI Bern bersama keluarga, untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah Ananda Eril," kata Muliaman Hadad Dubes RI untuk Swiss dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022) malam. 

Sesuai prosedur berlaku, lanjut Muliaman, tim forensik kepolisian segera mengidentifikasi dan menelusuri DNA, untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut adalah Eril. 

"Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jasad DNA adalah Ananda Eril. Hal ini juga disampaikan secara official melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 waktu Swiss," ujarnya.

Selanjutnya, pihak kepolisian Swiss menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jenazah Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga. 

"Sekitar dua jam yang lalu, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad Ananda Eril," Muliaman menyatakan.

Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya