Sukses

Perekam Video Pria Nikahi Kambing di Gresik Minta Maaf, Berdalih untuk Konten

Arif mengaku bahwa video pernikahan pria dengan seekor kambing betina itu hanya untuk kepentingan konten. Dia tidak menyangka skenario pembuatan video itu malah terlihat buruk.

Liputan6.com, Surabaya - Arif Saifullah, perekam video pernikahan Saiful Arif (44) warga Benjeng Gresik, dengan seekor kambing betina, meminta maaf setelah video tersebut ramai di media sosial (Medsos).

Arif mengaku bahwa video pernikahan pria dengan seekor kambing betina itu hanya untuk kepentingan konten. Dia tidak menyangka skenario pembuatan video itu malah terlihat buruk di tengah masyarakat.

"Saya selaku pembuat video meminta maaf jika video yang bersangkutan telah meresahkan. Video ini hanyalah kepentingan konten tiktok," ujarnya, Rabu (8/6/2022).

Nur Hudi selaku pemilik pesanggarahan yang dijadikan sebagai lokasi pernikahan itu menegaskan, jika dirinya tidak ada maksud untuk menyinggung atau menistakan agama apapun. Video itu dibuat hanya untuk hiburan semata.

"Arif adalah seorang konten kreator. Pemilihan tema dalam lakon tersebut juga dimaksudkan untuk mengangkat performa konten tiktoknya," ucap Nur Hudi yang juga anggota DPRD Gresik.

Namun, sejak awal, politisi Nasdem itu menyampaikan agar teaterikal tersebut tidak menyinggung unsur SARA. Termasuk menggunakan simbol atau bahasa keagamaan apapun.

"Dalam prosesinya mungkin terlalu bersemangat. Sehingga keceplosan dan sudah terlanjur tersebar di media sosial. Memang itu kesalahan kita," ujarnya.

Permohonan maaf tersebut turut disaksikan pihak perangkat Kecamatan Benjeng. Termasuk, ketua MUI Kecamatan Benjeng KH Abdul Munif. Pihaknya berharap peristiwa tersebut menjadi pelajaran berharga.

"Agar lebih berhati-hati, dengan lebih mengedepankan etika dan toleransi saat membuat karya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Heboh

Saiful Arif (44), seorang Spritualis Nusantara asal Desa Klampok, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik menikahi seekor kambing betina yang diberi nama Sri Rahayu Bin Bejo. Pernihakan tidak lazim itu terekam video berdurasi dua menit dan membuat heboh warga dunia maya.

Arif mengakui pernikahan tersebut dan mengungkapkan suka citanya. Menurutnya, pernikahan itu dilakukan untuk menjaga dan mempersatukan Bumi Nusantara dan Bumi Pertiwi.

“Iya, benar. Pernikahan itu. Biar alam semesta ini terjaga,” ujar mempelai laki-laki yang menamai dirinya Satrio Paningit ini, Rabu (8/6/2022).

Arif menceritakan, awal mula pernikahan itu dia mengaku dapat wangsit (petunjuk) untuk menikahi Sri Rahayu dengan menikahi seekor kambing, ia berharap tidak ada adu domba dan jangan sampai Indonesia diadu domba oleh negara lain.

“Harapan kami, semua harus bersatu, menjaga Indonesia, membuat semesta ini menjadi damai dan sejahtera. Pernikahan ini sebagai bentuk rasa cinta kepada Indonesia,” ucapnya.

Video berdurasi dua menit itu, memperlihatkan pemgantin laki-laki menggenakan jas hitam tengah menjabat tangan seorang penghulu. Sedangkan pengantin lawan jenisnya yang merupakan kambing betina berdiri di sampingnya. Ijab qobul pun berlangsung secara hidmat.

"Saya terima nikahnya Sri Rahayu binti Bejo dengan maskawin sebesar dua puluh dua ribu," ungkap pengantin pria saat mengucapkan ijab qobil di depan penghuku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.