Pembanguan Jaringan Gas Rumah Tangga di Lumajang Diharapkan Merembet ke Kota

Oleh Hermawan Arifianto pada 05 Jun 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 05 Jun 2022, 16:00 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Kanan) memberikan arahan dalam sosialisasi pembangunan jaringan gas  bumi untuk rumah tangga dari Kementerian ESDM (Istimewa)
Perbesar
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Kanan) memberikan arahan dalam sosialisasi pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dari Kementerian ESDM (Istimewa)

Liputan6.com, Lumajang Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengharapkan agar program pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga bisa berkembang di area perkotaan untuk membantu ekonomi masyarakat.

"Atas nama pemerintah kami mengucapkan terima kasih. Salam hormat kami untuk Menteri ESDM. Harapan kami ini terus berkembang ke area perkotaan," ujar Bupati Thoriq di Lumajang, Sabtu (4/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Cak Thoriq sapaan akrabnya juga mengungkapkan, bahwa dirinya berterima kasih dan apresiasi kepada Kementerian ESDM, yang akan melaksanakan salah satu proyek strategis nasional pembangunan jaringan gas di Kabupaten Lumajang.

"Mudah-mudahan proyek pembangunan jaringan gas di Kabupaten Lumajang dapat berjalan sesuai dengan harapan dan perencanaan yang telah disusun kementerian," harapnya.

Ia menambahkan, pembangunan jaringan gas seperti pembangunan jaringan pipa yang melewati jalan atau rumah warga agar memperhatikan pipa saluran air yang sudah ada, sehingga nantinya pemenuhan air bersih untuk masyarakat yang di wilayah Kecamatan Ranuyoso dan Klakah tetap terpenuhi.

Sementara itu, Sub Koordinator Penyiapan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM, Urlya Agustina Rakhmawati mengatakan, program tersebut dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan potensi gas bumi melalui pipa untuk sektor rumah tangga, dengan menggunakan biaya APBN.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 


Operasional

Sedangkan, pengoperasian dan pengembangannya, ditugaskan kepada BUMN sebagai pihak yang memiliki tugas, fungsi, kemampuan teknis, serta pengalaman dalam penyelenggaraan kegiatan penyediaan dan pendistribusian.

"Jadi, tujuan program ini memberikan akses energi kepada masyarakat, memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui penghematan pengeluaran biaya bahan bakar gas bumi, membantu ekonomi masyarakat menuju ekonomi masyarakat mandiri dan ramah lingkungan, dan mengurangi beban subsidi BBM dan Elpiji dalam sektor rumah tangga," pungkasnya.

 

Banner Infografis
Perbesar
Ladang Gas Terbesar Indonesia (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya