Sukses

Napiter Bebas dari Lapas Tulungagung Usai Deradikalisasi

ASZ merupakan terpidana kasus terorisme karena terlibat dalam kegiatan jaringan IS

Liputan6.com, Tuungagung - Seorang narapidana terorisme (napiter) asal Aceh dibebaskan bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tulungagung, Jawa Timur, usai menjalani program deradikalisasi.

ASZ (24), inisial napi kasus teroris itu, mendapat dispensasi hukuman setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus program dan menandatangani ikrar kesetiaan terhadap NKRI.

"Yang bersangkutan dibebaskan bersyarat sesuai surat keputusan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI," kata Kepala Lapas Tulungagung Tunggul Buwono di Tulungagung, Rabu (1/6/2022), dikutip dari Antara.

ASZ ini merupakan terpidana kasus terorisme karena terlibat dalam kegiatan jaringan ISIS.  

Divonis bersalah dan dijatuhi hukuman selama 4 tahun, ASZ harusnya baru bisa bebas pada 8 November 2022. Sejauh ini yang bersangkutan sudah menjalani hukumannya selama 3 tahun lebih.

Selain sudah menyelesaikan program deradikalisasi dan mengakui NKRI, yang bersangkutan bebas bersyarat lebih awal lantaran mendapat remisi umum (RU) dan remisi khusus (RK).

Remisi diterimanya sejak 2020 hingga 2022. "Total remisinya sekitar 7 bulan 15 hari penjara," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengawasan Bapas

Lantaran bebas bersyarat, ASZ tetap menjalani pengawasan dari Bapas di kota asalnya. Dengan bebasnya ASZ ini tinggal seorang narapidana terorisme yang menjalani hukuman di Lapas Tulungagung, yaitu AA (35).

AA berasal dari Bima Nusa Tenggara Timur. AA ini dihukum karena keterlibatannya dalam organisasi JAD (Jama'ah Ansharu Daulah). Berbeda dengan ASZ, AA masih belum mengakui NKRI.

"Dia tidak melakukan pendekatan dengan warga yang lain," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.