Gandeng Swasta, 21 SMK se-Jatim Siap Sinergi dengan Dunia Industri

Oleh Dian Kurniawan pada 29 Mei 2022, 06:05 WIB
Diperbarui 29 Mei 2022, 06:05 WIB
Kerja sama 21 SMK  di Jatim dengan pihak swasta. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).
Perbesar
Kerja sama 21 SMK di Jatim dengan pihak swasta. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Negeri Heru Mursanyoto mengungkapkan, Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar bersama PT Multi Reksa Sinergitas bertujuan untuk menyinergikan program industri dengan dunia pendidikan.

"Selama ini, PT Multi Reksa Sinergitas telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur melalui Program Sinergi Maju, Kemandirian dan Konsorsium. Sasarannya, peserta didik dan lulusan SMK seluruh Jawa Timur," ujarnya, ditulis Minggu (28/5/2022).

"PT Multi Reksa Sinergitas bergerak dibidang IT, dalam program ini menunjuk PT Multi Raya Sinergitas sebagai perusahaan yang melaksanakan kerjasama dengan SMK," imbuh Heru.

Heru mengatakan, agenda rakor kali ini membahas tiga program yaitu kurikulum merdeka, perencanaan berbasis data, sekaligus tanda tangan kerja sama industri. Yakni penandatanganan PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara dunia industri dan sekolah.

Sebelumnya juga sudah dilaksanakan MoU dengan Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi serta ditandatangani langsung Wahid pada 19 Januari 2022 lalu.

MMKS menggandeng PT Mitra Raya Sinergitas sebagai pihak yang ditunjuk untuk melakukan kerja sama dengan sekolah didukung dengan beberapa support lainnya. Seperti HP, Fujitsu dan Gigabyte.

"Program PT Mitra Reksa Sinergitas ini bertujuan untuk menciptakan jaringan dari SMK untuk SMK. Baik dari sisi produksi, distribusi dan pemasaran, pengembangan pendidikan dan lain sebagainya," ucap Heru.


Lancar

Heru berharap, kolaborasi ini bisa memenuhi kebutuhan di Rumah SMK (Teaching Factory - Pemasaran), pengembangan kurikulum dan inovasi, update customer need/ asosiasi profesional/ asosiasi industri dan jaringan ini antar SMK untuk SMK.

Sebagai informasi, kegiatan PKS yang dilakukan 21 SMK secara serentak ini berakhir dengan lancar dan aman. Dengan menggunakan Protokol Kesehatan ketat.

Turut hadir, Ketua MKKS Jawa Timur, Heru Mursanyoto, Direktur PT Multi Reksa Sinergitas Dedhy H Yahya dan disaksikan oleh Kabid SMK Jatim Kurniawan Hary Putranto.

Infografis Sekolah Gelar PTM Terbatas 100 Persen, Kriteria dan Persyaratannya. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sekolah Gelar PTM Terbatas 100 Persen, Kriteria dan Persyaratannya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya